Minggu , 29 November 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Pastikan Suplai Air Cukup

Pastikan Suplai Air Cukup

MUKOMUKO – Lahan sawah di Mukomuko mulai memasuki masa tanam ketiga. Suplai air yang cukup diperlukan mengingat sekarang ini debit air Sungai Manjuto mulai menurun.
Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko, Bustari, ST, M.Si menjamin ketersediaan air bagi petani, cukup. “Musim kemarau sudah masuk, dan ini bisa dilihat dari kurangnya debit air di Bendungan Air Manjunto. Petani tidak usah khawatir kalau lahan sawahnya kurang air. Akan kita upayakan lahan sawah milik petani yang akan ditanami padi bisa mendapatkan air,” kata Bustari.
Bahkan opsi penerapan sistem buka tutup terjadwal siap dijalankan. Itu jika debit air di bendungan terus menyusut. Ia yakin bisa berjalan dengan baik, mengingat sistem buka tutup secara terjadwal tersebut sudah pernah dilakukan pada tahun sebelumnya. “Opsi ini kita siapkan dan laksanakan untuk mencukupi kebutuhan air bagi petani. Selama ini, tidak ada masalah sepanjang petani tidak melakukan kecurangan,” jelas Bustari.
Kecurangan yang dimaksud yakni pencurian atau penyadapan air dengan cara membobol badan jaringan. Tindakan demikian bukan saja merusak bangunan irigasi. Tapi upaya itu juga dapat merugikan petani lainnya. “Hal semacam itu jangan dilakukan, karena ini akan merugikan petani lainnya. Selain itu, kami juga harapkan kepada petani supaya dapat membersihkan jaringan irigasi yang bukan menjadi kewenangan pemerintah untuk melakukan pembersihan,” harapnya.
Untuk diketahui, luas lahan persawahan yang ada di wilayah jaringan Irigasi Manjunto Kiri dan Irigasi Manjuto Kanan mencapai 3.943 hektare. Sedangkan luas lahan persawahan yang butuh mendapatkan suplai air di wilayah Irigasi Selagan dan Sungai Ipuh dari total 2.641 hektare yakni sebanyak 1.474 hektare.
“Meskipun mulai memasuki musim kemarau, mudah-mudahan petani kita tidak sampai kekurangan suplai air. Selain itu, saya juga mengharapkan kepada semua petani untuk tidak terpancing isu adanya jadwal pengeringan irigasi. Hingga saat ini tidak ada rencana penutupan pintu air di Bendungan Manjunto,” tegasnya.(hue)

Berita Lainnya

Rp 36,3 Miliar untuk Selamatkan Benteng Anna

MUKOMUKO – Setelah sekian lama, akhirnya langkah penyelamatan komplek Benteng Anna bakal dilakukan tahun depan. …

%d blogger menyukai ini: