Minggu , 29 November 2020
Home / Probis / Indeks Kelompok Pengeluaran Naik, Picu Inflasi

Indeks Kelompok Pengeluaran Naik, Picu Inflasi

Dyah Anugerah Kuswardhani

BENGKULU – Berdasarkan pengamatan Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan Mei di Kota Bengkulu terjadi kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya beberapa indeks kelompok pengeluaran (IKP). IKP itu adalah kelompok Pakaian dan alas kaki sebesar 0,14 persen. Setelah itu kelompok kelompok kesehatan sebesar 0,08 persen, kelompok transportasi sebesar 3,10 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,08 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,33 persen

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu Dyah Anugerah Kuswardhani, MA mengatakan naiknya kelompok Pengeluaran ini, membuat di Bengkulu pada bulan Mei mengalami inflasi sebesar 0,41 persen. Inflasi ini cukup tinggi jika dibanding dengan inflasi nasional yang cuma 0,07 persen.

Sedangkan kelompok yang mengalami deflasi yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,68 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,04 persen. kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,09 persen. Sementara kelompok pengeluaran yang terlihat stabil adalah kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, kelompok pendidikan dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran. Dengan inflasi sebesar 0,41 persen pada bulan Mei 2020  ini, maka besarnya inflasi tahun kalender (laju inflasi) sebesar 0,27 persen, dan inflasi tahunan (year on year) tercatat sebesar 1,57 persen.

 “Berdasarkan pemantauan Badan Pusat Statistik di 90 kota di Indonesia, 67 kota mengalami inflasi dan 23 kota mengalami deflasi,’’ jelasnya saat menggelar rilis bulanan secara online.

 Inflasi tertinggi sebut dia terjadi di Tanjung Pandan sebesar 1,20 persen dan inflasi terendah di Tanjung Pinang, Bogor dan Madiun sebesar 0,01 persen. Sedangkan deflasi tertinggi terjadi di Luwuk sebesar 0,39 persen dan terendah terjadi di Manado sebesar 0,01 persen.

“Dengan inflasi sebesar 0,41 persen pada bulan Mei 2020 ini, maka besarnya inflasi tahun kalender (laju inflasi) sebesar 0,27 persen, dan inflasi tahunan (year on year) tercatat sebesar 1,57 persen,’’ ungkapnya. (iks)

Berita Lainnya

Honda ADV, Skutik Tangguh dan Cocok untuk Berpetualang

BENGKULU – Menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat yang memilki aktivitas tinggi dalam melintasi berbagai kondisi …

%d blogger menyukai ini: