Minggu , 6 Desember 2020
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tidak Ikut UASBN, 39 Siswa SMP Tidak Lulus Seluruh Siswa Aktif, Lulus

Tidak Ikut UASBN, 39 Siswa SMP Tidak Lulus Seluruh Siswa Aktif, Lulus

ARGA MAKMUR – Sebanyak 29 siswa SMP di Bengkulu Utara (BU) dinyatakan tidak lulus. Bukan karena nilai mereka anjlok, ini 38 diantaranya sudah berhenti sekolah dan tidak mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan satu lagi meninggal dunia.

Sebanyak 4.173 siswa yang mengikuti UASBN dan aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar hingga akhir semester dinyatakan lulus. Ini berdasarkan hasil rapat dewan guru di sekolah masing-masing pagi Jumat (5/6). Ini sudah diumumkan melalui wabsite sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten BU, Dr. Agus Haryanto, SE, MM, menjelaskan meskipun tidak melaksanakan Ujian Nasional (Unas), namun itu tidak menghalangi penilaian. Apalagi nilai Unas memang tidak masuk dalam item kelulusan siswa. “Yang masuk dalam nilai item kelulusan adalah nilai UASBN dan nilai raport siswa selama ikut belajar mengajar di sekolah,” jelas Agus.

Ia berharap seluruh siswa yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan sekolah ke tingkat SMA, SMK atau Madrasah. Bahkan seluruh sekolah wajib mendaftarkan siswanya ke sekolah tujuan.

“Kita terus melakukan pendataan. Dari siswa yang lulus saat ini akan kita data berapa yang bakal melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Harapan kita semua melanjutkan sekolah,” ujar Agus.

Sementara pantauan RB, prediksi akan terjadinya konvoi pelajar dan berkerumun siswa di sekolah dapat dicegah dengan pengumuman secara online. Tak tampak aktifitas konvoi kendaraan merayakan kelulusan baik di jalan maupun sekolah.

“Alhamdulillah tidak ada kerumunan siswa. Kita sudah antisipasi. Kita minta sekolah memulangkan murid jika memang ada yang datang ke sekolah,” demikian Agus.(qia)

Berita Lainnya

3 ASN Segera Terima Sanksi

ARGA MAKMUR – Sekda Bengkulu Utara (BU), Dr. Haryadi, MM, M.Si bersama Inspektur Inspektorat BU, …

%d blogger menyukai ini: