Rabu , 12 Agustus 2020
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemkab Pesan Lagi APD Tenaga Medis, Rapid Test Dilanjutkan

Pemkab Pesan Lagi APD Tenaga Medis, Rapid Test Dilanjutkan

RAPID TEST: Tim GTPP melakukan rapid test masyarakat yang berpeluang terjangkit Covid-19. (foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bengkulu Utara (BU) kembali memesan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap untuk tenaga medis. Pemesanan ini menyusul menipisnya stok APD di RSUD Arga Makmur sebagai RS rujukan penanganan Covid-19.

Ketua Harian GTPP BU yang juga Sekda Dr. Haryadi, MM, M.Si menuturkan penambahan APD akan tiba sebelum stok yang ada di RSUD Arga Makmur habis.  “Kita sudah pesan lagi, lengkap khusus tenaga medis. Karena tenaga medis sangat rawan tertular jika tidak menggunakan APD lengkap,” katanya.

APD bukan hanya digunakan untuk tenaga medis yang bertugas menangani pasien positif Corona. Seluruh tenaga medis yang melakukan pelayanan pada masyarakat, juga diwajibkan menggunakan APD mengantisipasi penularan Covid-19.  ‘’APD kita butuhkan dalam jumlah banyak. Kita pastikan akan memenuhi kebutuhan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, GTPP juga melanjutkan rapid test massal menggunakan metode tracing. Mereka yang menjadi sasaran adalah keluarga dekat pasien positif serta masyarakat yang bekerja di luar rumah yang rentan tertular Covid-19.  “Pengecekan juga akan kita lakukan minimal dua kali dengan rentang waktu tujuh sampai 14 hari. Terutama mereka yang rentan tertular,” jelasnya.

Tidak hanya dilakukan di Kota Arga Makmur, gugus tugas kecamatan juga bisa merekomendasikan warganya untuk dilakukan rapid test jika memang dinilai berpeluang terjangkit Covid-19. Hal ini bertujuan agar mengetahui lebih cepat jika memang ada warga yang sudah terjangkit Covid-19 dan tidak menularkan pada orang lain. Dengan mulai diberlakukannya new normal, ia memastikan GTPP akan makin gencar melakukan rapid test.

“Jadi memang ada beberapa penanganan yang dilakukan GTPP, mulai dari pencegahan, tracing hingga penanganan pasien,” pungkas Sekda. (qia)

Berita Lainnya

Polwan Salurkan APD

ARGA MAKMUR – Polwan Polres Bengkulu Utara (BU) kemarin melakukan kegiatan sosial dalam rangka HUT …

%d blogger menyukai ini: