Kamis , 3 Desember 2020
Home / Daerah / Lebong / Kesbangpol Sosialisasi Ke Sekolah

Kesbangpol Sosialisasi Ke Sekolah

PELABAI – Dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lebong akan menggelar sosialisasi peduli Pilkada ke masyarakat. Sasaran diprioritaskan ke kalangan pemilih pemula. Salah satunya mendatangi sekolah-sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Lebong.

Dikatakan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Lebong M Ikhram, S.Sos, sosialisasi ke sekolah dilakukan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya dalam pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember. Namun mengingat kondisi Lebong yang saat ini masih siaga Covid-19, teknis sosialisasi dilakukan sedikit berbeda guna menghindari kerumunan massa. ”Intinya sosialisasi tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Ikhram.

Bisa jadi bentuk sosialisasi tidak dengan tatap muka secara langsung. Misalnya dengan membagikan buku tentang Pemilu ke kalangan pelajar. Sedangkan kepada kalangan remaja non pelajar, Ikhram pastikan sosialisasi akan dilaksanakan menggunakan media lain, seperti memasang baliho di lokasi yang dianggap strategis. ”Kapan pelaksanaannya tinggal menunggu PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum, red) terbaru diterbitkan,” terang Ikhram.

Melalui sosialisasi ini, Ikhram berharap meningkatnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih di Pilkada serentak. Sosialisasi semata digelar untuk membagi pengetahuan bagi pemilih pemula yang selama ini belum pernah menggunakan hak suaranya dalam Pemilu. Setiap suara dari masyarakat sangat berharga karena menentukan pemimpin 5 tahun ke depan. ”Jadi jangan pernah sepelekan satu suarapun,” ungkap Ikhram.

Selain kegiatan sosialisasi ke pemilih pemula, ada 2 kegiatan lain yang akan dilaksanakan Kesbangpol dalam mendukung Pilkada serentak. Masing-masing desk Pilkada serta kegiatan fasilitas Pilkada. Untuk menggelar 3 kegiatan tersebut dalam APBD Kabupaten Lebong tahun ini telah dianggarkan dana Rp 300 juta. (sca)

Berita Lainnya

Antisipasi PSU, Siapkan 2.000 Surat Suara

PELABAI – Di luar kebutuhan 75.280 pemilih sebagaimana tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan …

%d blogger menyukai ini: