Kamis , 3 Desember 2020
Home / Daerah / Lebong / Maksimalkan Tanam 2 Kali Setahun

Maksimalkan Tanam 2 Kali Setahun


GOTONG ROYONG: Kegiatan panen padi di Kecamatan Bingin Kuning beberapa waktu lalu. (Foto ARIS/RB)

LEBONG SELATAN – Anggota DPRD Kabupaten Lebong, Mahdi, S.Sos meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) memaksimalkan program tanam padi dua kali setahun. Disperkan harus bisa mengajak atau memotivasi lebih banyak lagi petani ikut dalam musim tanam kedua tahun ini. ‘’Namun bukan hanya tanamnya saja, harus benar-benar diiringi panen yang maksimal,’’ kata Mahdi.
Setelah musim panen pertama yang rata-rata berjalan April hingga Juni, diharapnya Disperkan bergerak cepat mengajak petani kembali bertanam padi. Jika masa tanamnya serentak, diyakini hasilnya akan lebih maksimal. Ganguan hama tikus bisa diminimalisir. ‘’Yang terpenting adalah bagaimana mendorong masyarakat untuk serentak melakukan tanam kedua di tahun ini,’’ ujar Mahdi.
Disperkan harus sosialisasi secara langsung ke petani soal jadwal turun tanam kedua. Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, tanam kedua rata-rata gagal karena besarnya gangguan hama tikus. Itu dampak dari proses tanam yang tidak serentak. ‘’Kalau teknis tanam kedua tahun ini masih tidak serentak, jangan berharap lebih hasilnya akan maksimal,’’ papar Mahdi.
Di sisi lain, ia juga meminta Disperkan benar-benar menyiapkan sarana pendukung dalam memotivasi petani untuk ikut turun tanam kedua pascapanen. Salah satunya dengan menjamin ketersedian pupuk, pestisida serta penunjang pertanian lainnya untuk mempermudah petani untuk melakukan turun tanam kedua. ‘’Karena sebagian masyarakat Lebong merupakan petani sawah, suksesnya program ini tentunya akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,’’ jelas Mahdi. (sca)

Berita Lainnya

Antisipasi PSU, Siapkan 2.000 Surat Suara

PELABAI – Di luar kebutuhan 75.280 pemilih sebagaimana tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan …

%d blogger menyukai ini: