Minggu , 29 November 2020
Home / Daerah / Lebong / Pikul Beras, Bupati Salurkan Bantuan

Pikul Beras, Bupati Salurkan Bantuan


PEDULI: Bupati Lebong, H. Rosjonsyah mengantar langsung bantuan pangan untuk warga terdampak Covid-19. (Foto ARIS/RB)

LEBONG SAKTI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mulai menyalurkan bantuan pangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Lebong untuk masyarakat terdampak Covid-19. Di tahap pertama kemarin (8/6), bantuan disalurkan kepada 768 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 9 desa wilayah Kecamatan Lebong Sakti. Untuk tahap selanjutnya, bantuan akan disalurkan ke 11 kecamatan lainnya secara bergulir.

Bantuan diserahkan langsung Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si ke rumah masing-masing KPM. Bantuan yang diserahkan berupa 10 kilogram beras, 1 dus mie instan, 1 kilogram minyak goreng dan 1 kilogram gula pasir. Penerima bantuan adalah masyarakat yang sama sekali belum tersentuh bantuan sosial (bansos) lainnya. Baik Program Keluarga Harapan (PKH), kartu Pra Kerja, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).
Dikatakan Rosjonsyah, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemkab Lebong atas dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Tentunya sudah menjadi tugas Pemkab Lebong untuk meringankan beban masyarakat yang ikut terdampak. ”Walaupun Lebong masih zona hijau, namun dampaknya tetap dirasakan masyarakat. Khususnya untuk perekonomian masyarakat kecil,” kata Rosjonsyah.

Diingatkannya, bantuan yang sudah diberikan agar kiranya digunakan sebaik-baiknya untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jangan sampai bantuan itu dijual dengan maksud mengambil keuntungan sesaat yang hakikatnya justru akan merugikan penerima itu sendiri. ”Jika kedapatan ada masyarakat yang menjual bantuan pangan, saya pastikan akan memberi sanksi kepada oknum bersangkutan,” terang Rosjonsyah.

Disisi lain, Rosjonsyah berharap masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 menghadapi status new normal. Antara lain selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan dengan sabun di air mengalir serta menjaga jarak fisik saat berinteraksi sosial. “Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutur Rosjonsyah.

Sementara Ujang (55), salah satu penerima bantuan mengapresiasi bantuan yang diberikan Pemkab Lebong. Ia tidak menyangka bantuan tersebut akan diserahkan langsung oleh bupati ke rumahnya. Malah bupati tak segan-segan memikul sendiri beras dan mie instan untuk masyarakat. Ini bukti kepedulian Pemkab Lebong terhadap masyarakat kecil yang ikut terdampak Covid-19 sudah lama menanti adanya bantuan. ”Bantuan ini sangat kami butuhkan dan tentunya sudah lama kami tunggu. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lebong, khususnya Pak Bupati,” ujar Ujang.

Pantauan RB, penyerahan bantuan juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). Termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Lebong.(sca/krn)

Berita Lainnya

Penerapan Prokes Menyesuaikan Kondisi

PELABAI – Penerapan protokol kesehatan (prokes) di tengah ancaman pandemi Covid-19 diakui Pejabat Sementara (Pjs) …

%d blogger menyukai ini: