Kamis , 26 November 2020
Home / Berita Utama / Haji Ditunda, Umrah Masih Berpeluang Berangkat

Haji Ditunda, Umrah Masih Berpeluang Berangkat

Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd

BENGKULU – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Si mengatakan, kendati Kemenag RI menunda keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) pada tahun ini, namun untuk ibadah umrah masih berpeluang untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Dikatakannya, penundaan keberangkatan CJH tahun ini tidak lepas dari pandemi corona virus disease (Covid-19). Penundaan itu sudah ada surat resmi Menag Nomor 494 tahun 2020, yang isinya pembatalan keberangkatan CJH pada tahun ini.

“Untuk ibadah umrah masih ada kemungkinan diberangkatkan pada tahun ini. Mengingat ibadah umrah waktunya tidak terbatas, bisa dilakukan kapan saja. Jika nantinya pemerintah Arab Saudi di Mekkah dan Madinah sudah buka kembali, bisa jadi umrah bisa kembali dilaksanakan. Tapi jika Arab Saudi masih memberlakukan lockdown, maka umrah juga belum bisa dilaksanakan,” jelas Bustasar, Kamis (18/6).

Lebih lanjut dikatakan, untuk ibadah haji sebetulnya pada 26 Juni ini sudah terjadwal keberangkatan rombongan kloter pertama. Namun karena pandemi Covid-19 maka dipastikan dibatalkan. “Mudah-mudahan tahun depan situasi dan kondisi kita sudah kembali normal, sehingga pelaksanaan ibadah haji tetap bisa dilakukan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” demikian Bustasar. (zie)

Berita Lainnya

Vaksin Covid-19 di Awal Tahun, Pemprov Persiapkan Petugas Medis Vaksinasi

BENGKULU – Pemprov Bengkulu telah mendapatkan informasi dari pemerintah pusat berkaitan dengan vaksinasi corona virus …

%d blogger menyukai ini: