Kamis , 3 Desember 2020
Home / Liputan Khusus / Kota Bengkulu Terbaik se-Indonesia, Lomba Inovasi Daerah

Kota Bengkulu Terbaik se-Indonesia, Lomba Inovasi Daerah

PENGHARGAAN: Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE saat menerima penghargaan juara 1 Inovasi daerah dari oleh Plt Sekjen Kemendagri M.Hudori, Senin (22/6). (foto: ist/rb)

BENGKULU – Kota Bengkulu, melalui Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE, Senin (22/6) menerima langsung penghargaan sebagai pemenang pertama lomba Video Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Sektor Transportasi umum. Penyerahan piagam penghargaan ini berlangsung di gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).Diserahkan oleh Plt. Sekjen Kemendagri M. Hudori.

Penganugerahan pemenang lomba video Inovasi Daerah dalam Tatanan Normal Baru ini disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Mendagri RI M. Tito Karnavian, dihadiri menteri terkait dan kepala daerah dari daerah yang dinyatakan menang.

Dari 7 video inovasi daerah yang dikirim oleh Pemkot Bengkulu melalui Dinas Kominfosan Kota Bengkulu, salah satunya yang dinyatakan menang yakni video sektor transportasi umum. Pemkot Bengkulu juara 1 untuk klaster kota se-Indonesia dan mendapat penghargaan berupa piagam dan  Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 3 miliar.

Terdapat total 84 pemenang pada 7 sektor yang dilombakan dan dibagi empat klaster yakni klaster provinsi, kota, kabupaten dan daerah tertinggal. Total hadiah DID sebesar Rp168 miliar. Masing-masing klaster untuk juara I mendapat DID Rp 3 miliar, juara II Rp 2 miliar dan juara III Rp 1 miliar. Untuk pemenang sektor transportasi umum klaster kota, juara 1 Pemerintah Kota Bengkulu, juara 2 Banda Aceh dan juara 3 Kota Semarang.

Sebagaimana diketahui bahwa lomba Video Inovasi Daerah ini diselenggarakan oleh Kemendagri RI. Setiap Pemerintah Daerah (Pemda) diminta membuat video berdurasi maksimal 2 menit yang menggambarkan protokol kesehatan di tujug sektor yakni sektor hotel dan restoran, pasar, pariwisata, transportasi umum dan lainnya.

Total video yang dikirim se-Indonesia berjumlah 2.517 video dari 460 pengirim. Namun banyak juga pemda yang tidak ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Dalam kesempatan itu, nama-nama daerah yang tidak ikut berpartisipasi juga diumumkan. Seperti di Provinsi Bengkulu, ada satu pemda yang tidak ikut lomba.

Untuk Tim Penilai dalam lomba ini dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Badan Nasional Pengelolaan Bencana (BNPB) dan Gugus Covid 19 Pusat.

Dalam kesempatan ini, Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE mengucapkan, rasa bersyukur atas prestasi yang diraih Kota Bengkulu tersebut. “Alhamdulillah, ini semua karena Allah SWT dan berkat doa semua masyarakat sehingga prestasi penghargaan ini bisa diraih. Kemudian penghargaan ini juga menjadi buah hasil dari kerja sama gugus Covid 19 Kota Bengkulu dan kerja keras OPD Pemkot Bengkulu,” ungkapnya.

Lanjut Helmi, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Hasan pemilik SAN Travel. Ini juga berkat kerjasama beliau dengan Pemkot Bengkulu dalam menghadapi New Normal ini. “Mari kita songsong kehidupan ke depan dengan optimisme, dengan semangat new normal, kita bersahabat dengan Covid-19. Tidak mungkin selamanya kita berdiam diri di rumah,” ujarnya.

Dalam acara penganugerahan pemenang lomba inovasi daerah itu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada daerah yang telah ikut lomba, terkhusus kepada pemenang.

“Pemerintah memang harus menempatkan kesehatan dan keselamatan masyarakat jadi prioritas utama. Saya sangat menghargai inisiatif Kemendagri dalam mempersiapkan tatanan normal baru dan partisipasi serta dukungan dari pemerintah daerah. Inovasi ini menjadi penting karena tatanan kehidupan kita sudah berubah dan berbeda dari sebelumnya,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Mendagri RI M.Tito Karnavian  mengatakan, kalau peran pemda sangat penting dalam menangani Covid-19 serta dalam mensosialisasikan, mengedukasi masyarakat. Karena ada 548 pemda tingkat provinsi dan kabupaten/kota bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Semoga niat baik lomba ini akan membuat Indonesia mampu beradaptasi di tengah Covid-19 dan kembali memulihkan ekonomi secara nasional serta meningkatkan kesadaran masyarakat,” tutup Tito. (jee/adv)

Helmi Hasan – Dedy Wahyudi

PENGHARGAAN YANG TELAH DIRAIH OLEH WALIKOTA BENGKULU H. HELMI HASAN, SE

TAHUN 2013

  1. Kementerian Lingkungan Hidup RI Penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah 2012, 5 Juni 2013.
  2. Piagam Penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan Walikota Bengkulu 6 Desember 2013 Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

TAHUN 2014

  1. Anugerah Pangripta Rafflesia Tahun 2014 Terbaik III Kota Bengkulu.
  2. Adipura Penghargaan Presiden Republik Indonesia untuk Kategori Kota Sedang Bengkulu, Jakarta 5 Juni 2014.
  3. Penghargaan Wahana Tata Nugraha Menteri Perhubungan Presiden RI Kategori Lalu Lintas untuk Kota Bengkulu Tahun 2014.
  4. Piagam Penghargaan Komisi Pemilihan Umum Walikota Bengkulu Sebagai Mitra Kerja dalam Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD DAN DPRD Tahun 2014 Jakarta, 14 Oktober 2014.
  5. Sertifikat atas Keikutsertaan dalam Program Jaminan Kesehatan Pemerintah Kota Bengkulu, Jakarta 9 Oktober 2014.

TAHUN 2015

  1. Penghargaan Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan Nasional Tahun 2015.

TAHUN 2016

  1. Penghargaan Kebudayaan Tahun 2016.

TAHUN 2017

  1. Penghargaan Kepatuhan Tinggi Terhadap Standar Pelayanan Publik Sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Atas 62 Produk Layanan dari Ombudsman Tahun 2017.
  2. Penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2017 sebagai Kota Terbaik dari Tempo Media Group.
  3. Sertifikat Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tahun 2017.
  4. Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat 2017 dari Kementerian Kesehatan.
  5. Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2017 Oleh Kementerian Hukum dan HAM.

TAHUN 2018

  1. Penghargaan Implementasi Tertinggi Sistem Informasi Kredit Dalam Program Kredit Usaha Rakyat Wilayah Provinsi Bengkulu.
  2. Penghargaan Puskesmas Ramah Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tanggal 23 Juli 2018.
  3. Penghargaan Adipratama Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tanggal 23 Juli 2018.
  4. Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan Ham RI tahun 2018 Tanggal 12 Desember 2018.

TAHUN 2019

  1. Penghargaan Pemenuhan Hak Identitas Anak dari Menteri Hukum dan Ham tanggal 25 Maret 2019.
  2. Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Se- Provinsi Bengkulu Dari Gubernur Provinsi Bengkulu Tanggal 26 Maret 2019.
  3. Treasury Award 2019 Kategori Pengelolaan Fiskal Regional Tahun Anggaran 2018 dan Kategori Pemda Pengelola Skip KUR 2018 tanggal 08 Juni 2019.
  4. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Tanggal 05 Juli 2019.
  5. Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak RI tanggal 23 Juli 2019.
  6. Penghargaan Dekranasda Award Tahun 2019 dari Dekranasda Provinsi Bengkulu tanggal 09 Agustus 2019.
  7. Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Yang Berpartisipasi Mendukung Programmoderasi Beragama Dan Penguatan Fungsi Penyuluh Agama Dari Kementerian Agama RI Tanggal 24 Agustus 2019.
  8. Penghargaan Top Pembina 2019 pada tanggal 12 September.
  9. Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Wtp) Terhadap Laporan Keuangan Pemkot Bengkulu Tahun Anggaran 2018 Dari BPK Tanggal 21 Oktober 2019.
  10. Penghargaan The Top Leaders & Best Performance Of The Year 2019 Tanggal 01 November 2019.
  11. Penghargaan Tertinggi Bidang Kesehatan Dari Menteri Dalam Negeri Tanggal 11 November 2019.
  12. Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Dari Kementerian Hukum Dan Ham Tanggal 10 Desember 2019.
  13. Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kategori Informatif Dari Komisi Informasi Provinsi Bengkulu Tanggal 20 Desember 2019.

TAHUN 2020

  1. Penghargaan Pencapaian Predikat B Dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-Rb) Republik Indonesia Dalam Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip). Bulan Februari 2020.
  2. Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Dalam Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Covid-19 (Sektor Transportasi Umum) Dari Kementerian Dalam Negeri Tanggal 22 bulan Juni 2020.

Berita Lainnya

Dewi Coryati: Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bengkulu Harus Maju di Tengah Pandemi

BENGKULU – Anggota DPR RI Dapil Bengkulu, Hj. Dewi Coryati, M.Si menyebut jika produk pariwisata …

%d blogger menyukai ini: