Kamis , 3 Desember 2020
Home / Liputan Khusus / Walikota Raih Segudang Prestasi

Walikota Raih Segudang Prestasi

Helmi Hasan

BENGKULU – Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE merupakan satu-satunya Walikota Bengkulu yang menjabat dua periode. Periode pertama tahun 2013 hingga 2018, kemudian dia kembali terpilih menjadi walikota di periode ke dua yakni 2018 hingga 2023. Menjabat walikota dari tahun 2013 hingga tahun 2020 saat ini, Walikota Bengkulu sudah menerima banyak prestasi untuk Kota Bengkulu.

Pada Tahun 2013 tepatnya pada  5 Juni walikota mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI dengan prestasi Status Lingkungan Hidup Daerah 2012. Di tahun yang sama, 6 Desember menerima piagam penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Pada tahun 2014 menerima anugerah Pangripta Rafflesia tahun 2014 terbaik III Kota Bengkulu, kemudian pada tanggal 5 Juni menerima Adipura penghargaan Presiden Republik Indonesia untuk kategori Kota Sedang. Selanjutnya menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha Menteri Perhubungan RI kategori Lalu Lintas untuk Kota Bengkulu, tahun 2014.

Masih di tahun yang sama 2014 Walikota menerima piagam penghargaan Komisi Pemilihan Umum, Walikota Bengkulu sebagai mitra kerja dalam pemilihan umum anggota DPR, DPD DAN DPRD tahun 2014 di Jakarta. Mendapatkan sertifikat atas keikutsertaan dalam Program Jaminan Kesehatan Pemerintah Kota Bengkulu, di Jakarta 9 Oktober 2014.

Pada Tahun 2015, menerima penghargaan Pekan Inovasi Perkembangan (PIP) Desa/Kelurahan Nasional tahun 2015. Pada tahun 2016 menerima Penghargaan Kebudayaan. Pada tahun 2017 mendapatkan penghargaan kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik atas 62 Produk Layanan dari Ombudsman.

Masih di tahun 2017, Walikota menerima Penghargaan Indonesia’s attractiveness award 2017 sebagai kota terbaik dari tempo media group, kemudian walikota juga mendapatkan Sertifikat Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Selanjutnya menerima Penghargaan swasti Saba kabupaten/kota sehat 2017 dari Kementerian Kesehatan. Selain itu menerima Penghargaan Kabupaten/Kota peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM.

Pada tahun 2018, Walikota menerima Penghargaan Implementasi Tertinggi Sistem Informasi kredit dalam Program Kredit Usaha Rakyat wilayah Provinsi Bengkulu, kemudian Penghargaan Puskesmas Ramah Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tanggal 23 juli 2018. Selanjutnya Penghargaan Adipratama Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak . Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM RI tahun 2018 tanggal 12 Desember 2018.

Pada tahun 2019, Walikota menerima Penghargaan Pemenuhan Hak Identitas Anak dari Menteri Hukum dan HAM. Penghargaan pembangunan daerah terbaik se Provinsi Bengkulu dari Gubernur Provinsi Bengkulu. Treasury award 2019 kategori pengelolaan fiskal regional tahun anggaran 2018 dan Kategori Pemda Pengelola SKIP KUR. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN. Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak RI.

Masih di tahun 2019, Walikota kembali menerima Penghargaan Dekranasda Award tahun 2019 dari Dekranasda Provinsi Bengkulu. Penghargaan sebagai kepala daerah yang berpartisipasi mendukung program Moderasi Beragama dan Penguatan Fungsi Penyuluh Agama dari Kementerian Agama RI. Penghargaan Top Pembina. Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemkot Bengkulu.

Selanjutnya Penghargaan The Top Leaders & Best Performance of the Year 2019. Penghargaan Tertinggi Bidang Kesehatan dari Menteri Dalam Negeri. Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM. Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik kategori Informatif dari Komisi Informasi Provinsi Bengkulu.

Pada tahun 2020 ini, Walikota Bengkulu, menerima Penghargaan pencapaian Predikat B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia dalam Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip). Yang terbaru Walikota Bengkulu menerima Penghargaan Lomba Inovasi Daerah dalam Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (sektor transportasi umum) dari Kementerian Dalam Negeri tanggal 22 Juni 2020.

Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE mengungkapkan, semua prestasi dan penghargaan yang diraih selama di menjabat Walikota semua karena doa dan dukungan dari masyarakat Bengkulu. Selain itu ada juga kontribusi dan kerja keras semua OPD yang berada di Pemkot Bengkulu dalam mewujudkan semua visi dan misi demi Kota Bengkulu.

“Dengan apa yang sudah diraih sejauh ini patut kita syukuri, karena ini semua berkah dari Allah SWT. Semoga kedepannya Kota Bengkulu tetap bisa meraih semua prestasi yang ada di Nasional. Sehingga Kota Bengkulu semakin dikenali oleh semua orang,” ungkap Walikota Bengkulu. (jee)

Berita Lainnya

Dewi Coryati: Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bengkulu Harus Maju di Tengah Pandemi

BENGKULU – Anggota DPR RI Dapil Bengkulu, Hj. Dewi Coryati, M.Si menyebut jika produk pariwisata …

%d blogger menyukai ini: