Minggu , 27 September 2020
Home / Berita Utama / Pemkab Kaur Raih Opini WTP dari BPK

Pemkab Kaur Raih Opini WTP dari BPK

TERIMA: Bupati Kaur, Gusril Wauzi, S.Sos saat menerima penghargaan Opini WTP dari BPK RI.
TERIMA: Bupati Kaur, Gusril Fauzi, S.Sos saat menerima LHP LKPD dari BPK dengan Opini WTP. (foto: windi/rb)

KOTA BINTUHAN – Pemerintah Kabupaten Kaur kemarin (24/6) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019. Opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali di dapat setelah dua tahun sebelumnya Kaur terus mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK. Berhasilnya Kaur meraih WTP tidak lepas dari kerja keras Bupati Kaur Gusril Fauzi, S.Sos , M.AP dan jajarannya yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan selama ini.

Pemberian opini WTP kepada Pemkab Kaur disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu, Andri Yogama. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Kaur TA 2019 disampaikan langsung Andri Yogama kepada Bupati Kaur Gusril Fauzi dan juga Ketua DPRD Kaur, Diana Tulaini di Kantor BPK Perwakilan Bengkulu pada Rabu (24/6) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kaur, maka BPK memberikan opini atas LKPD Pemerintah Kabupaten Kaur TA 2019 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ungkap Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu Andri Yogama.

Keberhasilan Pemkab Kaur mendapatkan WTP ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak terutama jajaran Pemkab Kaur selama ini yang terus berusaha melakukan yang terbaik. Bahkan dengan mendapatkan WTP ini maka ke depan anggaran APBD Kaur diharapkan kembali meningkat dari tahun sebelumnya. Maka dengan demikian maka pembangunan di Kaur juga akan semakin pesat dan terus maju ke depannya.

“Alhamdulilah hari ini kita berhasil meraih WTP dan ini saya persembahkan untuk masyarakat Kaur yang saya cintai. Ke depan anggaran akan naik sehingga pembangunan akan terus kita tingkatkan lagi. Bahkan WTP ini setiap tahunnya akan terus kita pertahankan untuk meningkatkan APBD Kaur ke depannya,” ungkap Bupati Kaur Gusril Fauzi.

Terpisah Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini, pasca mendampingi Bupati Kaur meraih WTP dari BPK juga mengucapkan selamat kepada Bupati Kaur dan jajarannya. Karena telah berhasil meraih kembali opini WTP setelah dua tahun berturut-turut mendapatkan WDP. Dengan keberhasilan ini Bupati Kaur dinilai layak melanjutkan kepemimpinannya selaku bupati yang akan datang.

“Dengan meraih WTP setelah dua tahun terakhir saya ucapkan selamat kepada bupati dan jajarannya. Kita berharap ke depan bupati Kaur bisa terus mempertahankan kembali opini WTP dari BPK setiap tahunnya,” singkat Diana Tulaini.

Meskipun berhasil meraih opini WTP, BPK menemukan beberapa permasalahan yang harus segera ditindaklanjuti oleh Pemda Kabupaten Kaur terkait dengan sistem pengendalian dan kepatuhan Pemda terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan. Termasuk sistem pengendalian intern, kebijakan akuntansi yang lengkap atas aset tak berwujud belum disusun.  Pelaksanaan kewajiban pembayaran pajak pusat, pengelolaan dana BOS dan sebagainya.Untuk itu kepala perwakilan BPK meminta kepada bupati dan jajarannya menindaklanjuti rekomendasi atas laporan hasil pemeriksaan setelah laporan hasil pemeriksaan diterima.

Selain Bupati Kaur dan Ketua DPRD Kaur hadir juga beberapa pejabat eselon II lainnya saat penyampaian WTP oleh BPK kemarin. Seperti Kepala BKD Kaur Alian Suhadi, Kepala Inspektorat Kaur Three Marnope, Sekwan Lawi Amrul. Kemudian nampak juga Kadis Kominfo Kaur Asmansuhadi, Plt Kadis PUPR Kaur Hiftario Syaputra dan beberapa pejabat lainnya. (cik)

Berita Lainnya

Masukkan Gugatan ke Bawaslu Provinsi, Agusrin Siapkan Dua “Senjata”

BENGKULU – Tim Hukum Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi berencana memasukan gugatan ke Bawaslu Provinsi Bengkulu, …

%d blogger menyukai ini: