Sabtu , 8 Agustus 2020
Home / Metropolis / Penerimaan Calon Taruna Akmil Dibuka

Penerimaan Calon Taruna Akmil Dibuka

BENGKULU – Ini kabar baik untuk pelajar yang baru saja menyelsaikan sekolah tingkat SMA. Mabes TNI AD saat ini sudah membuka penerimaan calon taruna akademi militer (Akmil). Dimana, setelah lulus pendidikan nanti, akan langsung menjadi perwira TNI AD.

Pendaftaran secara online melalui website http://ad. rekrutmen-tni.mil.id  telah di buka pada tanggal 1 januari lalu sampai dengan 1 juli 2020 mendatang. Untuk  tempat validasi atau daftar ulang dan pengambilan formulir di staf ajenrem 041/Gamas Jl. Indragri nomor 28 Padang Harapan Kota Bengkulu mulai tanggal 22 Juni sampai dengan 1 Juli 2020.

Bagi yang berminat segera daftarkan diri Anda dengan persyaratan, ijazah SD, SMP, SMA/MA berikut DANEM  atau  NUAN,  Akte kelahiran, KTP calon dan KTP orang tua atau wali, Kartu keluarga orang tua/wali, Surat Keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari Polres setempat, Surat keterangan bersih diri (SKBD) dari Kodim setempat.

Selanjutnya surat keterangan/pengantar dari Babinsa setempat, Buku raport  SD, SMP, SMA/MA, Surat keterangan meninggal atau bercerai orangtua, bagi calon yang orang tuanya sudah meninggal atau bercerai, pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.

Selain itu calon peserta juga diminta untuk print out (cetakan) pendaftaran secara online melalui website http//ad.rekrutmen-tni.mil.id, map kertas biola warna kuning sebanyak 2 buah. Calon perwira TNI AD datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menyerahkan persyaratan administrasi yang telah dilegalisir masing-masing dua rangkap.

“Persyaratan umum yaitu: Warga Negara Indonesia (WNI), usia 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun pada saat masuk pendidikan tanggal 1 September 2020, tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan pengadilan, berperilaku baik di sertai dengan SKCK,” kata perwakilan Kasi Pers Korem 041/Gamas, Letkol Inf Abrori Abbas, SE, MT.

Adapun persyaratan selanjutnya, calon peserta lulusan SMA/MA tahun 2019 Jurusan IPA nilai Ujian Akhir Nasional rata-rata minimal 47,50 dan Jurusan IPS dengan Nilai Ujian Akhir Semester 42,00. Lulusan SMA/MA tahun 2020 jurusan IPA menggunakan nilai raport semester 1 sampai dengan 6 rata–rata minimal 70 dan tidak ada nilai di bawah 60 terdiri dari pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi.

“Tinggi badan 163 cm dengan berat badan seimbang, sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI AD dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia. Harus ada persetujuan dari orang tua/wali, Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan atau pengujuan yang meliputi administrasi, kesehatan badan dan jiwa, jasmani (postur lahir dan kemampuan garjas), test wawancara, psikologi dan akademik,” tambah Abrori.

Persyaratan lain, calon tidak boleh memiliki tato atau bekas tato, tindik atau bekas tindik pada telinga atau anggota badan lainnya, kecuali ketentuan agama atau adat yang dinyatakan dengan surat keterangan dari pejabat agama atau adat, dan bagi yang memiliki ijazah dari negara lain harus mendapatkan pengesahan dari Diknas,” tutup Abrori Abbas.

Dalam rangka penerimaan calon taruna akademi militer tidak dipungut biaya apapun dan hal yang belum jelas dapat dinyatakan langsung di tempat pendaftaran. (rno)

Berita Lainnya

Mendagri: Pilkada Aman Covid-19

  BENGKULU –   Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, …

%d blogger menyukai ini: