Rabu , 5 Agustus 2020
Home / Breaking News / Fraksi PAN Minta Ketua BK DPRD Kota Bengkulu Diganti

Fraksi PAN Minta Ketua BK DPRD Kota Bengkulu Diganti

Kusmito Gunawan

BENGKULU – Terkait proses sidang Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Bengkulu perihal pengaduan Fraksi PAN tentang penggunaan kop surat yang digunakan Ariyono Gumay yang disuratkan ke Walikota Bengkulu, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu, Kusmito Gunawan menilai proses sidang yang dilakukan BK tersebut cacat hukum.

Kusmito menilai ada beberapa peraturan tata beracara yang seharusnya ada pada sidang BK yang dilompati dalam proses sidang yang dilakukan BK tersebut. Ia menilai bahwa ketua BK telah melanggar Peraturan DPRD Kota Bengkulu No 3 Tahun 2018 Tentang Tata Beracara Pelaksanaan tugas dan Wewenang Badan Kehormatan.

“Saya selaku ketua Fraksi PAN dan juga selaku pengadu di dalam proses yang ada di BK, pertama saya klarifikasi berdasarkan peraturan DPRD Kota Bengkulu Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Tata Beracara di BK sesuai pasal 12 itu tegas menyatakan BK wajib untuk melakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap pengaduan dan saksi atau orang yang terlibat langsung. Saya pertegas sampai hari ini sebagai ketua Fraksi dari pengadu saya belum pernah dipanggil sekali pun baik secara lisan maupun surat. Oleh karenanya apa pun yang menjadi hasil BK itu cacat hukum dan tidak sesuai prosedur,” jelas Kusmito, Selasa (30/6).

Ditambahkannya, BK belum melakukan panggilan terhadap pihak Pemerintah Kota Bengkulu yang memiliki hubungan terkait dana Rp 35 miliar tersebut.

“Tadi saya juga mengklarifikasi pada pihak Pemerintah Kota yang ada hubungan terkait Rp 35 miliar tersebut, mereka belum ada dipanggil oleh BK,” tegas Kusmito.

Ia juga menegaskan jika dalam waktu dekat Fraksi PAN akan melayangkan surat kepada Ketua DPRD Kota perihal usulan pergantian ketua BK. Tak hanya minta ketua BK untuk diganti, pihaknya meminta agar seluruh kegiatan BK diberhentikan sementara, sebelum adanya pergantian atas ketua BK yang baru.

“Kita akan kirimkan surat ke pimpinan untuk mengganti ketua BK. Kami tidak mengakui keputusan apapun dari BK sepanjang ketua BK tidak diganti. Saya juga siap dipanggil ketua DPRD untuk memberikan penjelasan betapa kelirunya mereka,” terang Kusmito. (tok)

Berita Lainnya

Polda Bengkulu Bekuk Dua Kurir Narkoba Lintas Provinsi, Amankan Sabu, Ekstasi dan Ganja

BENGKULU – Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Bengkulu berhasil membekuk dua orang terduga sebagai …

%d blogger menyukai ini: