Kamis , 3 Desember 2020
Home / Metropolis / Pembuatan KIA Meningkat

Pembuatan KIA Meningkat

BENGKULU – Memasuki pertengahan tahun ini, dibarengi dengan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD), membuat permohonan Kartu Identitas Anak (KIA) meningkat. Kepala Dukcapil Kota Bengkulu, Drs. H. Sudarto Widyo Seputro, M.Si menyarankan wara untuk untuk melakukan pembuatan KIA. Pasalnya untuk usia  SMP bisa sekitar 5 tahun digunakan sesuai masa berlaku kartu tersebut.

“Maksud kita supaya segi kemanfaatan KIA sendiri, kalau di bawah umur itu nanti kelamaan dikhawatirkan hilang dan sebagainya. Namun jika ada yang mengajukan permohonan ya kita buatkan,” kata Sudarto, kemarin.

Dikatakannya, kendati demikian apabila ada yang mengajukan permohonan pembuatan KIA, untuk anak di bawah 5 tahun akan segera diproses oleh Dukcapil Kota Bengkulu. Mengingat KIA ini lebih mudah dan praktis digunakan saat berpergian dengan transportasi umum. Misalnya bandara pesawat terbang.

“Dibandingkan jika menggunakan KK atau akte kelahiran, KIA lebih praktis digunakan dalam situasi itu,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, M. Ikhwan, SH, MH mengungkapkan permohonan pembuatan KIA ini meningkatkan sejak bulan lalu.

“Ini dikarenakan KIA menjadi salah satu syarat daftar PPDB.  Khususnya bagi sekolah yang sudah mensyaratkan KIA,” ucap Ikhwan.

Ia menjelaskan, untuk jumlah anak yang telah memiliki KIA, terbanyak ada di Kabupaten Seluma dengan total 30.811 kartu. Dengan total jumlah anak wajib memiliki KIA sebanyak 57.138 anak. Sementara untuk kabupaten Lebong telah mencapai total 23. 834 kartu identitas anak yang telah diterbitkan. Dengan total  wajib anak yang memiliki KIA sebanyak 30.972 anak. Dan untuk Kota Bengkulu sebanyak 22.768 kartu yang telah dicetak dengan jumlah wajib KIA sebanyak 99.811 anak.

“Sampai saat ini untuk total KIA itu sebanyak 177.910 kartu dari anak yang berumur 0 sampai 17 tahun,” tambahnya. (war)

Jumlah Data KIA Kabupaten Kota Provinsi Bengkulu

Kabupaten Seluma : 30.811 kartu

Kabupaten Lebong : 23. 834 kartu

Kota Bengkulu : 22.768 kartu

Kabupaten Bengkulu Tengah : 13.479 kartu

Kabupaten Bengkulu Selatan : 16.007 kartu

Kabupaten Bengkulu Utara : 21.968 kartu

Kabupaten Rejang Lebong : 10.611 kartu

Kabupaten Kaur : 4.905 kartu

Kabupaten Kepahiang : 10.372 kartu

Kabupaten Mukomuko : 23.155 kartu

Berita Lainnya

Dewi Coryati: Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bengkulu Harus Maju di Tengah Pandemi

BENGKULU – Anggota DPR RI Dapil Bengkulu, Hj. Dewi Coryati, M.Si menyebut jika produk pariwisata …

%d blogger menyukai ini: