Jumat , 10 Juli 2020
Home / Daerah / Curup Pos / PHC Kembali Dapat Serahan Satwa Liar

PHC Kembali Dapat Serahan Satwa Liar


SERAHKAN : Kanit Intel Polsek Curup Aipda Leri Abzi, S.Sos selaku penanggungjawab PHC menyerahkan Simpai atau Surili Sumatera kepada petugas BKSDA Senin (29/6). (Foto Wanda/rb)

CURUP – Komunitas Pecinta Hewan Curup (PHC) kembali mendapatkan serahan seekor satwa liar dari warga. Satwa liar tersebut satu ekor bayi Simpai atau Surili Sumatera yang diperkirakan berumur empat bulan. Hewan dengan nama latin presbytis melalophos tersebet merupakan salah satu primata langka.

Penanggungjawab PHC Aipda Leri Abzi, S.Sos yang juga merupakan Kanit Intel Polsek Curup mengungkapkan, hewan tersebut diserahkan kepada PHC Sabtu (27/6) lalu dari salah satu warga. Dimana warga tersebut dapat dari salah satu keluarganya asal Kabupaten Lebong yang secara kebetulan mendapatkannya dari hutan.
‘’Jadi warga ini tahu kalau simpai yang didapatkannya merupakan salah satu primata langka. Sehingga dia berinisiatif menyerahkan kepada PHC untuk selanjutnya dilaporkan atau diserahkan kepada BKSDA. Hari ini (kemarin, red) Simpai tersebut sudah kita laporkan dan serahkan ke BKSDA Bengkulu melalui perwakilannya,’’ terang Leri.

Hanya saja, sambung Leri, Simpai yang masih terbilang bayi tersebut diperkirakan belum siap untuk dilepasliarkan. Sehingga untuk sementara dirawat terlebih dahulu dengan dibantu anggota PHC hingga nanti sudah berumur mapana. ‘’Jadi simpai ini belum langsung dilepas liarkan karena masih bayi dan belum mapan,’’ imbuh Leri.

Terpisah, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu Said Jauhari, S.Hut, M.Si membenarkan penyerahan primata langka tersebut dari PHC. ‘’Benar, penyerahan sudah kita terima. Namun simpai sementara dirawat di kantor kita dengan dibantu PHC. Karena umur primata tersebut yang masih terbilang bayi. Jadi belum mapan untuk dilepasliarkan,’’ singkat Said.(dtk)

Berita Lainnya

Delapan Tahanan Dititip ke Lapas Curup

CURUP – Polres Rejang Lebong (RL) saat ini memiliki cukup banyak tahanan dari hasil pengungkapan …

%d blogger menyukai ini: