Minggu , 12 Juli 2020
Home / Daerah / Kepahiang / Tata Kelola Wisata

Tata Kelola Wisata

BENTENG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Benteng menggelar pelatihan tata kelola destinasi wisata. Dalam pelatihan yang digelar beberapa hari lalu ini, diikuti sebanyak 45 peserta yang dilaksanakan di wisata alam Wahana Surya Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa.
Kepala Dinas Parbud Benteng, Gunawan Wibisana, S.STP, M.Si mengatakan peserta berasal dari perwakilan pengelola objek wisata, duta wisata, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan komunitas kreatif yang ada di Benteng. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan agar peserta pelatihan mampu meningkatkan sumber daya dan tata kelola peningkatan kompetensi destinasi wisata serta pelaku usaha wisata.
“Para peserta diberikan pemahaman tentang bagaimana tata kelola wisata secara baik. Sehingga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Terutama fasilitas, pelayanan dan promosi wisata,” jelasnya.
Dia menambahkan, jumlah wisata di Benteng cukup banyak dan diminati oleh masyarakat Provinsi Bengkulu maupun luar provinsi. Sehingga disayangkan jika pengelolaan tak maksimal. Adapun pengelolaan yang baik dapat berdampak pada peningkatan perekonomian. “Jika objek wisata banyak dikunjungi, tidak hanya dapat mendatangkan income bagi daerahm namun juga masyarakat setempat,” ungkapnya.
Terpisah, Sekkab Benteng, Edy Hermansyah S.Si, M.Sc, Ph.D mengatakan sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang dapat menghidupi daerah Benteng. Salah satu contohnya Wahana Surya yang kini terkenal dan banyak pengunjung. “Pariwisata Benteng harus dikelola dengan baik agar memunculkan animo dari pengunjung yang datang ke destinasi wisata,” terangnya.(jee)

Berita Lainnya

Belajar Pembahasan LHP-BPK

KEPAHIANG – DPRD Kabupaten Kepahiang kembali kedatangan tamu dalam rangka saling bersilaturahmi dan sharing mengenai …

%d blogger menyukai ini: