Sabtu , 8 Agustus 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / New Normal, Dukcapil Buka Dua Layanan

New Normal, Dukcapil Buka Dua Layanan


LAYANAN: Inilah beberapa masyarakat yang masih datang ke Dukcapil untuk mengurus semua keperluannya yang ada di Dukcapil. (Foto JERI/RB)

BENTENG – Menghadapi kehidupan new normal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah (Benteng) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) membuka dua macam pelayanan bagi masyarakat. Pertama menyediakan pelayanan langsung secara tatap buka dan pelayanan online.

Kepala Dukcapil Benteng, Ayatul Mukhtadin, SH menjelaskan, untuk pelayanan tatap muka secara langsung saat ini, antusiasnya di Dukcapil sangat luar biasa. Banyak masyarakat Benteng yang mengurus semua kependudukannya di kantor Dukcapil.

“Paling banyak yang mengurus saat ini seperti mengurus Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP. Meskipun saat ini sudah menyediakan pengurusan secara tatap muka, kita tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Sebelum masyarakat masuk kedalam kantor, mereka diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian mereka diwajibkan untuk diukur suhu badan mereka dan untuk jarak duduk sudah kita atur agar tidak berdekatan,” jelasnya.

Dia menambahkan, apabila ada wargayang suhu badannya melebihi batas yang sudah ditetapkan, maka disuruh pulang untuk istirahat terlebih dahulu. Begitu juga bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker, maka tidak diperkenankan masuk kedalam untuk mengurus semua keperluannya.

“Semua ini dilakukan demi kenyamanan dan kepentingan bersama. Karena memang ini semua sudah menjadi ketetapan yang harus dipatuhi dan diterapkan oleh semua masyarakat. kita juga sudah menyiapkan dan meminta bantuan kepada satpol PP untuk menegakkan semua ketetapan protokol kesehatan ini,” tegasnya.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang ingin mengurus via online bisa menghubungi nomor kontak whatsApp (WA) sesuai keperluan. Karena nomornya sudah disiapkan sesuai keperluan masing-masing. Kemudian masyarakat juga bisa melalui aplikasi yang sudah disiapkan. Aplikasi ini memang diperuntukkan untuk mengurus semua keperluan Dukcapil, untuk aplikasi ini seluruh Indonesia sudah menggunakannya.

“Kita menyediakan dua pelayanan ini dikarenakan memang harus diakui tidak semua masyarakat kita di Benteng ini memahami aplikasi online, kemudian ada juga masyarakat yang terkendala sinyal dan belum mempunyai Hp atau laptop untuk menunjang itu semua, makanya kita Dukcapil menyiapkan dua pelayanan ini agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal,” tutup Ayatul. (jee)

Berita Lainnya

Diberhentikan, Perangkat Desa Datangi Kantor Bupati

BENTENG – Polemik pemberhentian enam perangkat Desa Lubuk Unen Baru terus berlanjut. Kamis (30/7) keenam …

%d blogger menyukai ini: