Jumat , 2 Desember 2022
Home / Bengkulu Raya / Seluma / Tanggal 15 Juli, PPDP Mulai Pemutakhiran Data Pemilu

Tanggal 15 Juli, PPDP Mulai Pemutakhiran Data Pemilu

RAPID TES: KPU Seluma melakukan rapid tesT massal terhadap petugas pemutakhiran data secara serentak di masing-masing kecamatan, Senin (12/7). (Foto YUDI/RB)

SELUMA  -Guna mendukung lancarnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang dibentang pada 9 Desember mendatang, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai siap bekerja. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma meminta pada masyarakat untuk melakukan perekaman data untuk pencetakan KTP elektronik atau KTP-el.

Jadi warga yang telah memiliki hak politik dapat menggunakan suara dalam Pilkada 2020 mendatang. Dalam gelaran Pilkada serentak, ada 450 petugas yang sebelumnya sudah melaksanakan rapid test untuk mencegah penularan Covid-19.

Komisioner KPU Seluma, Hendri Arianda, mengatakan pihaknya telah memastikan sebanyak 450 PPDP yang bakal bertugas tersebut sudah bebas dari Covid-19. Karena, pihaknya telah melaksanakan rapid test massal yang hasilnya seluruh un-reaktif. Adapun rapid test itu digelar di 13 kecamatan yang mana Kecamatan Ulu Talo dan Kecamatan Talo menjadi satu lokasi.

Tujuan dilakukan rapid test serentak yang dipentas di masing-masing kecamatan, agar tidak mengumpulkan massa sesuai aturan protokol kesehatan. Seluruh PPDP itu mulai bekerja melakukan pemutakhiran data tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus mendatang. ‘’Seluruh petugas pemutakhiran sudah jalani rapid test. Hasilnya, seluruhnya negatif,’’ jelas Hendri.

Lanjut Hendri semua petugas itu akan melaksanakan pemutakhiran data secara serentak. Dimana seorang petugas itu akan bertanggung jawab pada satu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mengingat jumlah TPS di Kabupaten Seluma sebanyak 450, maka direkrutkan 450 PPDP.

PPDP itu melakukan Coklit data pemilih dengan cara “door to door”. Atau mendatangi setiap rumah warga yang terdekat dengan tempat pemungutan suara (TPS) di wilayahnya. Dalam melakukan Coklit data pemilih untuk Pilkada ini, setiap petugas harus tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Nantinya kerja mereka secara door to door. Tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan. Kita meminta agar masyarakat segera mengurus identitas dirinya agar dapat menggunakan hak suaranya pada Pilkada nanti,” demikian Hendri.(cup)

Berita Lainnya

Pos TNI AL di Pasar Seluma Naik Kelas

SELUMA – Komandan Lanal Bengkulu Letkol. Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana Ari Setiabudi melaksanakan kunjung …