Rabu , 12 Agustus 2020
Home / Daerah / Mukomuko / 16 Ribu Petani Dapat Kartu Tani

16 Ribu Petani Dapat Kartu Tani

MUKOMUKO – Belasan ribu petani di Mukomuko mendapatkan Kartu Tani. Untuk tahap pertama, 447 petani yang mendapatkan kartu tersebut. Penyerahan secara simbolis telah dilakukan Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan.

“Pembagian kartu tani secara simbolis telah dilakukan dan akan dilanjutkan di kecamatan lainnya. Penyerahan tadi (kemarin, red) kita laksanakan di Kecamatan XIV Koto,” kata Kepala Dinas Pertanian (Kadispertan) Mukomuko, Hery Prastyono, S.STP.

Kartu tersebut kata Hery, untuk lebih menjamin penggunaan dan peruntukan pupuk bersubsidi. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan memiliki kartu tani. Petani bisa melakukan pembelian pupuk lebih murah, karena mendapatkan subsidi. Juga lebih gampang mendapatkan kredit usaha dari Bank.

Selain itu, kartu tani juga sebagai transparansi penyaluran dana subsidi. Khususnya melalui sistem perbankan. Bantuan akan tepat sasaran. “Adanya kartu tani, maka ada kepastian petani terjamin kebutuhan akan pupuk bersubsidi. Kegunaannya juga sama seperti kartu ATM,” sampai Hery.

Ada 16 ribu petani yang mendapatkan kartu tani, seluruhnya petani yang sudah ada datanya di Sistem Elektronik Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK). Dari jumlah itu, 11.250 kartu tani sudah rampung dicetak dan siap dibagikan. Sisanya masih dalam pencetakan dan segera dibagikan.

Ia menambahkan, dengan terbitnya kartu tani, maka petani yang tak memiliki kartu tersebut bakal tidak mendapatkan lagi kuota pupuk bersubsidi. “Khusus untuk mendapatkan pupuk subsidi ini, adalah petani yang telah masuk dalam data sistem pertanian (Simpi). Artinya yang belum terinput atau diluar 16 ribu anggota tani tersebut, tidak bisa menggunakan ataupun mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah,” terangnya.(hue)

Berita Lainnya

Harga Karet “Menjerit”, Sawit Melejit

MUKOMUKO – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko terus melejit. Namun …

%d blogger menyukai ini: