Rabu , 30 September 2020
Home / Berita Utama / Agusrin, Rohidin dan Helmi Masih Diunggulkan di Pilkada 2020

Agusrin, Rohidin dan Helmi Masih Diunggulkan di Pilkada 2020

SURVEI: Hasil survei Roda Tiga Konsultan disampaikan pada press rilis, Senin (20/7) petang di Hotel Santika. (foto: hasrul/rb)

BENGKULU – Tiga nama bakal calon kepala daerah (Bacakada) pada Pilgub Bengkulu 2020 yang selama ini digadangkan bakal maju diprediksikan bakal bertarung sengit. Ketiga nama yakni Agusrin M Najamudin, Rohidin Mersyah dan Helmi Hasan masih diunggulkan. Ini berdasarkan hasil survei Roda Tiga Konsultan pada press rilis yang disampaikan Senin (20/7) petang di Hotel Santika.

Direktur Riset, Muhammad Taufik Arif menuturkan, survei yang mereka laksanakan pada 6-13 Juli 2020 dengan jumlah responden sebanyak 810 orang tersebar di kecamatan se-kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Untuk pengambilan sampel menggunakan metode stratified systemic random sampling.

“Setiap responden terpilih dilakukan dengan metode tatap muka atau face to face oleh pewawancara yang telah dilatih,” sebut Muhamad Taufik Arif.

Berdasarkan survei tersebut dari sisi popularitas nama Agusrin berada di urutan pertama dengan persentase 85,8 persen, sementara Rohidin berada di urutan kedua dengan persentase sebesar 79,9 persen, sedangkan Helmi Hasan di urutan ketiga dengan persentase 73,8 persen. Selanjutnya disusul Sultan B Najamudin dengan persentase 68,1 persen di urutan keempat, serta Ferry Ramli 40,1 persen di urutan kelima.

Kemudian, di urutan berikutnya ada nama-nama lain seperti Ahmad Hijazi, Rosjonsyah, Muslihan DS, Dedy Ermansyah, Leni Jhon Latief, Izda Putra dan Annarulita Muchtar. Namun menariknya, jika dilihat dari hasil survei suka tidak dengan tokoh-tokoh tersebut, justru menempatkan Helmi Hasan di urutan kedua yakni dengan persentase sebesar 58,7 persen setelah Agusrin dengan raihan 59,9 persen. Barulah di urutan ketiga diisi Imron Rosyadi dengan persentase 57,1 persen, dan urutan keempat diisi Ferry Ramli dengan persentase sebesar 52,9 persen, serta di posisi kelima Rohidin Mersyah dengan persentase 52,9 persen.

Sementara itu, dalam survei juga dipertanyakan kepada responden siapakah yang akan dipilih pada Pilkada 2020 mendatang tanpa menyodorkan nama dan foto calon. Lagi-lagi nama Agusrin berada di posisi teratas dengan raihan suara 18,4 persen, disusul Helmi Hasan dengan persentase 14,8 persen dan Rohidin Mersyah di posisi ketiga dengan hasil 13,2 persen. Namun menariknya justru jumlah responden yang tidak memilih atau tidak menjawab sebesar 47,3 persen.

Kemudian yang menjadi pilihan berdasarkan hasil survei dengan menyodorkan nama dan foto calon Agusrin meraih 25,4 persen, Rohidin Mersyah meraih 19,3 persen, Helmi Hasan 18,8 persen dan yang tidak memberikan jawaban sebesar 30,3 persen. “Sedangkan untuk survei seandainya Pilkada Bengkulu dilaksanakan hari ini dengan menguji elektabilitas 4 kandidat hasilnya Agusrin meraih 20,4 persen, Rohidin Mersyah 16,5 persen, Helmi Hasan 14,2 persen, dan Ahmad Hijazi sebesar 0,7 persen, serta yang tidak menjawab sebesar 48,2 persen,” sampai Muhammad Taufik Arif.

Menariknya, dari hasil survei jika dilakukan head to head antara Agusrin vs Rohidin maka hasilnya Agusrin unggul 23,8 persen dibanding Rohidin dengan meraih 17,7 persen. Apabila head to head antara Agusrin vs Helmi Hasan maka Agusrin juga unggul dengan raihan Agusrin 26 persen dan Helmi 19,8 persen, serta head to head Agusrin vs Hijazi maka Agusrin memperoleh 26,8 persen dan Hijazi mendapatkan 3,1 persen.

Kemudian apabila head to head tanpa mengikutkan Agusrin maka Helmi Hasan unggul 23,6 persen saat melawan Rohidin Mersyah. Rohidin vs Hijazi maka unggul Rohidin dengan persentase 22,8 persen dan Hijazi 3,8 persen. Begitupula dengan head to head Helmi Hasan vs Hijazi maka hasilnya Helmi unggul 26,4 persen dan Hijazi 2,8 persen. (zie)

Berita Lainnya

Perkara Penumpang, Sopir Angkot Dianiaya Rekan

BENGKULU – Sul Pajri (38), warga Kelurahan Tebeng Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu menjadi korban …

%d blogger menyukai ini: