Rabu , 30 September 2020
Home / Daerah / Kepahiang / Hasil Pleno KPU Kepahiang, Bapaslon Perseorangan Wajib Lengkapi 11.950 Dukungan

Hasil Pleno KPU Kepahiang, Bapaslon Perseorangan Wajib Lengkapi 11.950 Dukungan

HASIL PLENO: Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto menyerahkan hasil pleno KPU kepada Ketua Bawaslu Kepahiang Rusman Sudarsono, disaksikan oleh Liaison Officer (LO) Bapaslon Perseorangan, Senin (20/7). (foto: arie/rb)

KEPAHIANG – KPU Kabupaten Kepahiang, Senin (20/7) menggelar rapat pleno Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Perseorangan dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang. Dari hasil rapat pleno tersebut diketahui bahwa Bapaslon Perseorangan yakni H. Edi Sunandar dan Hj. Iche Rakizah Syarief, wajib melengkapi dukungan tambahan sebanyak 11.950 dukungan.

Hal ini lantaran berdasarkan tahapan verifikasi yang dilakukan KPU Kepahiang atas dokumen dukungan Bapaslon Perseorangan Edi-Iche, yakni dari 10.987 berkas dukungan, hanya 4.866 berkas dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dari hasil verifikasi administrasi dan verifikasi faktual yang dilaksanakan KPU Kepahiang beberapa waktu lalu.

“Berdasarkan rekapitulasi dari hasil verifikasi yang dilakukan PPS, dan sudah direkap di tingkat kecamatan, dan hasilnya dinyatakan bahwa yang MS adalah 4.866 berkas dukungan. Dari hal itu, maka kita minta kepada Bapaslon Perseorangan untuk melengkapi kekurangan jumlah minimal yakni 5.975 berkas dukungan yang dikali dua. Yang artinya Bapaslon harus memperbaiki berkas dukungannya setidaknya 11.987 berkas dukungan,” terang Komisioner KPU Kepahiang, Supran Effendi, S.Sos.I.

Untuk tahapan yang harus dilaksanakan di masa perbaikan, Supran mengatakan, pihaknya kembali akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Apabila hasil verifikasi administrasinya nanti ditemukan dukungan yang kurang dari jumlah syarat minimalnya, maka secara otomatis dinyatakan gugur.

“Nantinya juga ada akumulasi dari jumlah MS berkas dukungan pertama dan MS berkas dukungan tambahan ini. Kalau ditemukan ada yang kurang dari hasil verifikasi administrasi, maka akan dinyatakan gugur. Tapi ya tunggu saja hasil perbaikan yang akan dilakukan oleh Tim Bapaslon Perseorangan ini,” bebernya.

Sementara itu, Liaison Officer (LO) Bapaslon Perseorangan, Sony Gustika mengungkapkan, hasil rapat pleno KPU Kepahiang ini akan disampaikannya terlebih dahulu kepada Bapaslon Perseorangan Edi-Iche, untuk ditindaklanjuti. Mengenai perbaikan dukungan yang harus dipenuhi pihaknya, Sony mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan seluruh dokumen syarat minimal yang telah diminta oleh KPU sesuai dengan hasil rapat pleno.

“Sejak lama kita memang sudah mempersiapkan cadangan dukungan, guna mengantisipasi jikalau memang ada perbaikan atas dukungan kita yang pertama ini. Saat ini sudah ada 10.000 berkas dukungan yang kita siapkan, dan akan bertambah sesuai dengan masa waktu perbaikan yang diberikan,” singkat Sony. (sly)

Berita Lainnya

Polda Ajak Media Ciptakan Suasana Kondusif Saat Pilkada

BENGKULU – Saat ini, Polda Bengkulu tengah melihat sejumlah pemberitaan di media yang terkesan menjadi …

%d blogger menyukai ini: