Rabu , 30 September 2020
Home / Berita Utama / Agusrin Berpeluang Diusung Lima Parpol

Agusrin Berpeluang Diusung Lima Parpol

Suryawan Halusi

BENGKULU– Setelah menempatkan posisi teratas dalam survei Roda Tiga Konsultan, teka-teki perahu partai politik (parpol) yang akan mengusung Mantan Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamudin maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) 2020 semakin terang. Terbaru Agusrin digadang-gadangkan akan maju bersama Izda Putra (Mantan Kakanwil BPN Provinsi Bengkulu) makin intens melakukan komunikasi dengan sejumlah petinggi parpol. Seperti Demokrat, PKB, PDI-Perjuangan, Gerindra dan Perindo.

Hal ini juga tidak dipungkiri kedekatan Agusrin dengan mantan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, ketika Agusrin menjadi Ketua Demokrat Provinsi Bengkulu. Bahkan Agusrin juga terus melakukan komunikasi intens dengan petinggi PDI-Perjuangan Megawati Soekarno Putri dan Puan Maharani yang juga diketahui dekat dengan adik kandung Agusrin, Sultan B Najamudin yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPD RI.

Ketika dikonfirmasi, Jubir Tim Pendukung Agusrin M Najamudin, Suryawan Halusi, mengungkapkan, sejumlah partai politik (parpol) besar masih terus melakukan komunikasi intens dengan Agusrin. Ia berkeyakinan Agusrin akan banyak didukung parpol untuk maju Pilgub 2020. Lantaran Agusrin dianggap sosok politisi handal yang memiliki jaringan luas di pusat.

Terutama disampaikan Suryawan, Agusrin dengan sejumlah pengurus DPP parpol kedekatannya tak perlu diragukan lagi. Salah satunya kedekatan dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyo (SBY) dan keluarga besar Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati termasuk juga kedekatannya dengan Wakil Presiden sekarang Ma’ruf Amin.

“Dan kita yakin pak Agusrin berpeluang besar di dukung oleh banyak parpol. Karena sejumlah parpol besar sampai saat ini terus komunikasi intens dengan pak Agusrin. Terkait parpol apa saja, dan pendampingnya nanti tunggu waktunya akan disampaikan ke publik,” terang Suryawan.

Terkait hasil survei yang dirilis oleh Roda Tiga Konsultan menempatkan posisi Agusrin teratas, menurut Suryawan, bahwa hasil survei tersebut merupakan bukti nyata dari aspirasi masyarakat yang menginginkan Agusrin menjadi gubernur lagi.

“Apalagi dukungan untuk pak Agusrin di sejumlah daerah hingga pelosok desa sampai saat ini terus mengalir deras dari masyarakat. Ini tentu membuktikan bahwa masyarakat merindukan sosok Agusrin memimpin Provinsi Bengkulu, terlebih lagi sejak zaman pak Agusrin, Bengkulu banyak berubah maju dan berkembang pesat,” jelas mantan Aktivis HMI ini.

Selain itu lanjut Suryawan, program nyata yang sangat dikenal rakyat era kepemimpinan Gubernur Agusrin selama ini yakni program pembagian seribu handtractor untuk para petani dimasing-masing kabupaten Provinsi Bengkulu, lalu bantuan bagi para nelayan, pedagang, program nyata untuk para guru, tokoh agama serta program pembangunan infrastuktur lainnya.

“Bapak Agusrin juga selama ini dikenal sebagai bapak pembangunan. Dan akan selalu dikenang baik berkat ide-ide dan terobosan beliau dalam membangun daerah. Seperti contoh pembangunan jalan kawasan wisata pantai panjang sampai saat ini masih selalu diingat, dan sebagai warga Bengkulu kita tidak menyangka dari terobosan beliau dalam membangun kawasan wisata pantai itu,” papar Suryawan yang juga dikenal sebagai Koordinator Forum Bersatu Perubahan Bengkulu (FBPB) ini.

Klaim Hasil Survei Rohidin Masih Tertinggi

Lain halnya dengan incumbent Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, meskipun saat ini belum ada pendamping wakil yang final, namun nama Bupati Lebong Rosjonsyah, atau Bupati Bengkulu Tengah Fery Ramli yang juga merupakan Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bengkulu masih terus intens berkomunikasi.

Untuk prediksi parpol yang dijajaki incumbent ini ada Golkar, PKS, PDIP, dan NasDem. “Insya Allah semakin jelas bahwa PDI-Perjuangan itu  ke petahana (Rohidin Mersyah). Dan dalam waktu dekat ini akan diumumkan bersama pasangannya,” kata Wakil Ketua Bidang Infokom DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Zulkarnain Kaka Jodho.

Terkait hasil survei dari Roda Tiga Konsultan, yang menempatkan Agusrin posisi teratas. Menurutnya, bahwa hal tersebut sah-sah saja dilakukan. Namun untuk survei secara real di masyarakat yang ada saat ini, nama petahana Rohidin Mersyah masih tertinggi dan teratas dibandingkan dengan kandidat lain.

“Yang jelas sampai saat ini bapak Rohidin Mersyah surveinya masih tertinggi, baik popularitas, elektabilitas dan lainnya,” tegas Zulkarnain.

Selain itu Zulkarnain yang juga Juru Bicara Sahabat Rohidin mengatakan, bahwa untuk pendamping Rohidin Mersyah memang tengah intens berkomunikasi dengan beberapa tokoh.

“Untuk calon pendamping pak Rohidin, masih terus penjajakan dan komunikasi. Dan semoga pak Gubernur Rohidin Mersyah kembali melanjutkan pembangunan daerah ini. Apalagi selama tiga tahun terakhir ini pembangunan daerah sangat menggeliat dimasa kepemimpinannya,” terangnya.

Terkait parpol yang dijajaki, menurut Zulkarnain, setelah Parpol Golkar dan PKS, maka dalam waktu dekat ini juga akan menyusul parpol lainnya yang siap memberikan dukungan penuh kepada incumbent Rohidin Mersyah.

“Untuk parpol lainnya itu ada PDIP, NasDem yang rutin berkomunikasi, ya dalam waktu dekat ini harapan kita akan ada kabar baik. Dan kita doakan Pak Rohidin bisa melanjutkan kepemimpinannya ini,” ungkapnya.

Helmi Bakal Borong Parpol

Sementara lain halnya dengan Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang disebut-sebut bakal maju bersama Ketua DPD Hanura Provinsi Bengkulu, Muslihan DS, atau dengan Wagub Bengkulu Dedy Ermansyah juga masih terus intens berkomunikasi. Untuk parpol yang dijajaki mereka diantaranya ada PAN, Hanura, PPP, NasDem, dan Demokrat.

Ketua Tim Relawan Helmi Hasan, Teuku Zulkarnain, SE mengaku, bahwa sosok Helmi Hasan akan mendapatkan banyak dukungan parpol. Selain PAN, ada Hanura, NasDem, PPP, Demokrat serta Gerindra yang juga dalam waktu dekat akan memberikan dukungan rekomendasi. “Insya Allah pak Helmi akan didukung banyak parpol untuk maju Pilgub 2020. Sebab sejumlah parpol kita terus intens komunikasi, dan juga menyatakan siap mendukung Helmi. Termasuk Gerindra juga dalam waktu dekat ini akan mendukung Helmi,” paparnya.

Terkait soal pendamping wakil Helmi, tim masih terus melakukan penjajakan dan komunikasi dengan parpol yang akan berkoalisi demi mencari pendamping yang terbaik untuk Helmi Hasan. “Sebelumnya memang ada nama pak Muslihan, Dedy Ermansyah serta beberapa tokoh lainnya yang pantas mendampingi pak Helmi maju Pilgub 2020 ini. Namun semua itu nanti akan dibahas bersama lagi dengan partai koalisi pengusung pasangan calon. Ya prinsipnya kita akan mencari sosok pendamping Helmi Hasan yang ideal dan menang dalam Pilgub 2020,” terang Teuku. (new)

Prediksi Peta Parpol dan Paslon Kandidat Gub dan Wagub

Cagub

Agusrin M Najamudin (Mantan Gubernur Bengkulu)

Cawagub

Izda Putra (Mantan Kakanwil BPN Prov Bengkulu)

Parpol yang dijajaki: (Demokrat (5), PDI-P (7), Gerindra (6), PKB (4), Perindo (2)

Jumlah kursi: 24 kursi

Cagub

Rohidin Mersyah (Gubernur Bengkulu)

Cawagub

Rosjonsyah (Bupati Lebong)

Ferry Ramli (Bupati Bengkulu Tengah)

Parpol yang dijajaki: (Golkar (7), PKS (3), PDI-P (7), NasDem (5))

Jumlah kursi: 22 kursi

Cagub

Helmi Hasan (Walikota Bengkulu)

Cawagub

Dedy Ermansyah (Wagub Bengkulu)

Muslihan DS (Ketua DPD Hanura Provinsi)

Parpol yang dijajaki: (PAN (2), Hanura (3), PPP (1), NasDem (5), Demokrat (5), Gerindra (6))

Jumlah kursi: 22 kursi

Berita Lainnya

Polda Ajak Media Ciptakan Suasana Kondusif Saat Pilkada

BENGKULU – Saat ini, Polda Bengkulu tengah melihat sejumlah pemberitaan di media yang terkesan menjadi …

%d blogger menyukai ini: