Rabu , 5 Agustus 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pelayanan USG 4D Gratis

Pelayanan USG 4D Gratis


PELAYANAN: Pasien sedang antre untuk mendapatkan pelayanan di RSUD Benteng.(Foto JERI/RB)

BENTENG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkulu Tengah (Benteng) memiliki program USG 4D gratis bagi masyarakat. Program ini diberikan untuk semua masyarakat Benteng tanpa terkecuali. Pelayanan dibuka setiap hari Senin dan Rabu. Tahun depan, rencananya pelayanan USG 4D gratis ini dibuka setiap hari kantor, dari Senin sampai Jumat.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Benteng, Dr. Listikarini Hillen Widiastuti berharap program ini bisa terus berlanjut. Ia juga meminta pemerintah daerah untuk memberikan tambahan insentif bagi dokter dan petugas di Poli Spesialis Obgyn tersebut. Untuk mendukung program pelayanan setap hari kerja. “Karena memang kendala kita pada pelayanan gratis ini disebabkan dengan pelayanan yang tersedia hanya dihari Senin dan Rabu. Namun apabila Pemerintah Daerah bisa membantu dengan memberikan tambahan insentif, maka kita bisa mengajukan lagi penambahan dokter spesialis obgyn satu hingga dua orang, agar pelayanan bisa berjalan lebih maksimal lagi,” harapnya.

Program ini dibuat untuk untuk mengurangi angka kematian pada ibu dan bayi. Program ini juga disambut baik oleh jajaran manajemen dan petugas yang bekerja di Poli Obgyn. Selain itu program ini untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke Poli Obgyn.

“Program ini memang kita buat untuk meringankan beban masyarakat untuk melakukan USG. Alhamdulillah semenjak diadakan pelayanan USG gratis ini antusias dan kunjungan pasien ke Poli Obgyn saat ini sangat meningkat. Biasanya pasien yang datang hanya 8 orang, saat ini sudah mencapai hingga 15 orang – 40 orang,” ungkapnya.

Untuk diketahui pelayanan BPJS, USG baru boleh dilakukan pada usia kandungan tujuh hingga sembilan bulan. Namun untuk program USG gratis ini diperbolehkan bagi seluruh usia kehamilan, dari kalangan manapun. Baik itu mempunyai kartu BPJS atau tidak. Syaratnya hanya satu ibu yang bersangkutan merupakan warga Benteng atau berdomisili di Benteng.

“Bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan gratis ini bisa mendaftarkan dengan menghubungi nomor yang sudah dicantumkan. Kemudian bisa juga datang langsung ke resepsionis RSUD. Jadi kita membuka dua sistem pendaftaran untuk mendapatkan pelayanan ini,”  jelasnya.

Harapannya, ibu hamil di Benteng tidak takut untuk memeriksa kandungannya sejak dini. “Karena sekarang semuanya sudah dimudahkan dan diberikan pelayanan gratis. Selain itu bebas mau usia kandungan hingga sembilan bulan sangat diperbolehkan untuk memeriksakan ke RSUD Benteng. Selain itu jumlah kunjungan tidak kita batasi. Apabila ibu2 mau memeriksakan kandungannya setiap bulannya sangat diperbolehkan,” tutup Hillen. (jee)

Berita Lainnya

Diberhentikan, Perangkat Desa Datangi Kantor Bupati

BENTENG – Polemik pemberhentian enam perangkat Desa Lubuk Unen Baru terus berlanjut. Kamis (30/7) keenam …

%d blogger menyukai ini: