Senin , 21 September 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Hingga Akhir Tahun Tanpa Even Pariwisata

Hingga Akhir Tahun Tanpa Even Pariwisata

AKAN DIPERCANTIK: Objek wisata Danau Nibung akan semakin cantik, pasalnya akan dibangun landskap, gazobe dan lainnya, ditahun ini.

MUKOMUKO – Pandemi Covid-19 benar-benar berdampak terhadap pariwasata di Kabupaten Mukomuko. Bukan karena kondisi sekarang belum bisa digelarnya event, tapi lebih kepada anggaran untuk pelaksaaan dipangkas dan dialihkan untuk pembiayaan percepatan penanganan Covid-19.

Dipastikan sampai akhir tahun ini, Mukomuko tanpa ada kegiatan pariwisata apapun. “Tidak ada lagi event pariwisata yang akan kita laksanakan. Karena sudah dirasionalisasikan untuk Covid-19,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, Apriansyah, ST, MT.

Padahal rencana awal, di pertengahan Agustus 2020, bertepatan dengan momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, digelar event Mukomuko Offroad Rally Wisata (Moris). Lalu jelang akhir tahun dilaksanakan Festival Danau Nibung. “Untuk Festival Danau Nibung sudah dirasionalisasikan juga. Jadi sampai sekarang, tidak tersedia anggaran untuk pelaksanaan even-even pariwisata di Kabupaten Mukomuko. Baik itu kegiatan dari kabupaten, maupun dari provinsi,” sampainya.

Beruntung, walaupun tidak ada even pariwisata, Mukomuko baru-baru ini mendapatkan kucuran dana untuk pembangunan fasilitas di tempat wisata. Dengan pembangunannya dipusatkan di objek wisata Danau Nibung. Fasilitas yang bakal dibangun berupa sumber air bersih dengan pagu dana Rp 450 juta dan pembangunan menara pandang Rp 570,5 juta. Kemudian penataan lanskap dengan pagu Rp 818,4 juta, penataan gazebo Rp 143,6 juta, penataan pergola Rp 391,4 juta dan pembangunan gedung plaza pusat jajanan kuliner sebesar Rp 679,5 juta.

“Semua pembangunan itu tadi, kita fokuskan di kawasan objek wisata Danau Nibung. Ada yang melalui mekanisme lelang, ada juga yang penunjukan langsung. Meski sekarang sudah pertengahan tahun, Insya Allah, semuanya bisa terlaksana,” demikian Apriansyah.(hue)

Berita Lainnya

Pemilik 138 Kayu Kaleng Terungkap

MUKOMUKO – Polres Mukomuko, akhirnya berhasil mengungkap temuan kayu berukuran balok kaleng sebanyak 138 batang. …

%d blogger menyukai ini: