Senin , 21 September 2020
Home / Daerah / Kaur / Idul Adha, 548 Hewan Kurban Disembelih

Idul Adha, 548 Hewan Kurban Disembelih

KURBAN: Warga saat melakukan pemotongan hewan kurban di Masjid Al Kahfi Bintuhan.

KOTA BINTUHAN – Berdasarkan data dari Kemenang Kaur pada Idul Adha tahun 2020 ini, jumlah hewan kurban yang dipotong mencapai 548 ekor. Terdiri dari sapi 211 ekor, kerbau 21 ekor dan kambing 316 ekor. Sebarannya, di Kecamatan Kaur Selatan 55 ekor sapi, seekor kerbau dan delapan ekor kambing. Kemudian di Kecamatan Maje 24 ekor sapi, lima ekor kerbau dan tujuh ekor kambing. Kecamatan Semidang Gumay 22 ekor sapi,  empat ekor kerbau dan 16 ekor kambing. Kecamatan Tanjung Kemuning 20 ekor sapi, satu ekor kerbau dan 52 ekor kambing. Kecamatan Lungkang Kule  satu ekor sapidan 14 ekor kambing. Kemudian Kecamatan Kinal dua ekor sapi, dua ekor kerbau dan delapan ekor kambing. Sementara Kecamatan Pagulu hanya motong empat ekor sapi dan 32 kambing

“Untuk jumlah data yang masuk jumlah hewan kurban sapi, kerbau dan kambing yang dipotong di Kaur saat Idul Adha tahun ini sebanyak 548 ekor. Jumlah ini mengalami penurunan dari sebelumnya karena wabah Covid-19. Bahkan Idul Adha tahun ini juga tidak ada takbir keliling seperti biasa,” kata Kasi Bimas Islam Kemenag Herli.

Pada saat salat Idul Adha 31 Juli 2020, jumlah masjid yang melaksanakan salat Idul Adha 278 masjid. Tersebar di 195 desa dan kelurahan. Sementara  yang akan melaksanakan salat di lapangan sebanyak 27 lokasi di 15 kecamatan.

Sementara itu pada Idul Adha kali ini Bupati Kaur Gusril Fauzi melaksanakan salat Idul Adha di Desa Cuko Enau bersama keluaga besarnya. Sementara Wakil Bupati Kaur salat Idul Adha di masjid Al Kahfi Bintuhan bersama jajaran Pemkab Kaur lainnya. Di Masjid Alkahfi ada 8 ekor hewan kurban yang disembelih.

Sementara itu di Polres Kaur kemarin juga melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 11 ekor. Delapan ekor sapi dipotong di 8 Polsek yang ada di Kaur dan tiga ekor sapi lainnya dipotong serentak di Mapolres Kaur. “Untuk pemotongan sudah kita lakukan untuk di Polsek langsung dibagikan oleh anggota Polsek dan di Polres langsung disalurkan dari Polres Kaur kepada warga yang membutuhkan,” kata Kabag Ops Polres Kaur AKP Fahrul Ikwan. (cik)

Berita Lainnya

Cakades Undi Nomor Urut Pilkades Serentak di 115 Desa

KOTA BINTUHAN – Tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2021 di 115 desa, sudah …

%d blogger menyukai ini: