Selasa , 4 Agustus 2020
Home / Daerah / Lebong / Minta OPD Maksimalkan Serapan Anggaran

Minta OPD Maksimalkan Serapan Anggaran

PELABAI – Sekretaris Daerah Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si mengingatkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengoptimalkan kegiatan tahun ini. Tujuannya agar serapan anggaran sesuai dengan kegiatan yang terealisasi. ”Yang pasti kami akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh OPD dalam merealisasikan program kegiatan,” kata Mustarani.

Lebih lanjut disampaikannya, Pemkab Lebong menerapkan sistem profesionalisme dalam penggunaan anggaran. Tentunya disesuaikan dengan disiplin ilmu atau latar belakang pendidikan, prestasi kerja dan kompetensi yang dimiliki masing-masing PNS. Khusus kepala OPD.

Pemkab Lebong juga memperhatikan aspek kepangkatan dan syarat objektif lainnya. ”Intinya penempatan jabatan disesuaikan dengan keahlian pejabat bersangkutan dan bidang tugas OPD terkait,” terang Mustarani.

Dipastikannya dalam waktu dekat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan menggelar rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) semester pertama. Jika masih ditemukan realisasi anggaran yang tidak sesuai dengan progres kegiatan, OPD bersangkutan diwajibkan mengejar ketertinggalannya di semester kedua. ”Kalau di semester kedua tidak juga maksimal, artinya pejabat OPD nya tidak sanggup kerja dan perlu dilakukan penyegaran,” jelas Mustarani.

Sementara untuk serapan anggaran semester pertama, belum diketahui pasti. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Kabupaten Lebong, Syarifuddin, S.Sis, M.Si belum bisa dikonfirmasi. Namun pernah disampaikannya, serapan anggaran OPD masih minim karena adanya penyusunan ulang anggaran pascapandemi Covid-19. Hampir seluruh OPD mengalami pemangkasan anggaran hingga 50 persen untuk realokasi dan refocusing Covid-19.(sca)

Berita Lainnya

Pasien Covid-19 Sudah Sehat

LEBONG RK – Setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19 pada 23 Juli lalu, pasien 01 asal …

%d blogger menyukai ini: