Sabtu , 26 September 2020
Home / Daerah / Mukomuko / BLT Keempat Cair September

BLT Keempat Cair September

MUKOMUKO – Penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), bulan keempat di Kabupaten Mukomuko, masih harus bersabar. Karena untuk penyalurannya, baru akan dilakukan September mendatang. Meskipun untuk penyaluran BLT-DD bulan ketiga, sudah tuntas seluruhnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, Gianto, SH, M.Si menyebut, penyaluran BLT-DD bulan keempat, akan bersamaan dengan pencairan DD tahap ketiga. Semuanya diagendakan di September 2020. “Karena pengajuan DD tahap ketiga baru di September. Maka untuk penyaluran BLT-DD bulan keempat kita rancang juga dilakukan di September itu,” sampai Gianto.

Sekarang ini pihaknya sedang melakukan pengecekan. Desa-desa mana saja yang sudah dan belum lengkap persyaratan untuk pengajuan DD dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga. Termasuk memastikan desa mana saja yang sudah dan belum selesai melakukan perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Khususnya untuk pengalokasian BLT-DD sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK). “Ada 9.000 lebih keluarga di Mukomuko mendapatkan BLT-DD. Semuanya dikategorikan warga kurang mampu yang terdampak Covid-19,” kata Gianto.

Selain itu, juga harus bisa melihat apa saja yang dialokasikan pada DD tahap ketiga. Agar desa tak asal potong DD. Namun harus mempedomani jadwal yang sudah disusun dan yang dimasukkan dalam pengajuan DD tahap ketiga dan BLT-DD bulan keempat. ‘’Makanya, untuk mengantisipasi jangan sampai desa mengajukan DD dan menyalurkan BLT-DD tidak sesuai target, kita akan melakukan rekon dengan mengumpulkan seluruh kecamatan. Kita juga sudah komunikasikan kepada pihak desa. Serta memerintahkan desa untuk segera mengambil langkah perubahan laporan stunting dan DD tahun anggaran 2019,” jelasnya.(hue)

Berita Lainnya

Pemkab Penyalur DD Terbaik Tahun 2019

MUKOMUKO – Upaya sungguh-sungguh Pemkab Mukomuko dalam memaksimalkan pelayanan penyaluran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran …

%d blogger menyukai ini: