Sabtu , 26 September 2020
Home / Daerah / Mukomuko / DAK Fisik Sekolah Baru 30 Persen

DAK Fisik Sekolah Baru 30 Persen


BELUM TUNTAS: Kegiatan pembangunan di sekolah bersumber dari DAK fisik pendidikan masih berlanjut. (Foto Peri/rb)

MUKOMUKO – Progres pembangunan dan rehab sekolah secara umum baru mencapai 30 persen. Pembangunan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Baik ditingkat Sekolah Dasar (SD) maupun di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Sampai hari ini, progress fisiknya, rata-rata sudah diatas 30 persen lebih. Menggunakan anggaran tahap pertama,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Drs. H. Ruslan, M.Pd.

Seraya itu, pihaknya saat ini masih menunggu penyaluran dana tahap kedua. Dengan tahapan, masih dalam proses review dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Mengingat ini sebagai salah satu persyaratan penyaluran dana tahap kedua, dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Walaupun masih menunggu dana tahap kedua, namun kegiatan pembangunan di lapangan, masih berjalan. Oleh karenanya, Ruslan optimis, semuanya dapat selesai tepat waktu. “Kami optimis bisa selesai tepat waktu. Karena sudah ada beberapa sekolah yang progresnya sudah diatas 50. Kalau dana tahap kedua sudah masuk, maka langsung dikerjakan. Jelas progresnya nanti naik sampai 80 persen,” yakin Ruslan.

Kabid Dikdas Disdikbud Mukomuko, Jumanto menambahkan, progres pembangunan dan rehab sekolah sudah ada yang mencapai sekitar 60 persen. Ditargetkan pada Oktober mendatang, pembangunan dan perehaban sekolah rampung dilaksanakan.

“Kalau review oleh APIP tuntas, dan kalau sudah keluar, kemudian di upload di OM-SPAN. Sebagai persyaratan penyaluran tahap dua oleh pemerintah pusat ke daerah. Kita yakin kegiatan ini di Oktober selesai sesuai waktu yang telah ditentukan,” pungkasnya.(hue)

Berita Lainnya

Pemkab Penyalur DD Terbaik Tahun 2019

MUKOMUKO – Upaya sungguh-sungguh Pemkab Mukomuko dalam memaksimalkan pelayanan penyaluran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran …

%d blogger menyukai ini: