Sabtu , 26 September 2020
Home / Metropolis / 21 Orang Meninggal karena Covid-19, Tingkat Kematian di Atas Rata-rata Nasional

21 Orang Meninggal karena Covid-19, Tingkat Kematian di Atas Rata-rata Nasional

Herwan Antoni

 

BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes menyampaikan berdasarkan catatan dari Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pusat. Provinsi Bengkulu termasuk provinsi dengan tingkat kematian Covid-19 tertinggi dalam seminggu terakhir yakni 20 kasus dari total kasus 240 kasus.

“Tingkat kematian Covid-19 di Bengkulu di atas rata rata nasional. Untuk di provinsi ini tingkat kematian kasus 8,33 persen. Padahal untuk rata rata nasional itu dibawah 5 persen,” kata Herwan, Jumat (7/8).

Dikatakannya, sebagian besar pasien meninggal tersebut adalah usia lanjut. Kemudian, pasien juga memiliki penyakit penyerta lainnya seperti diabetes, ginjal, penyakit infeksi kronis, dan hipertensi.

“Ini jadi bahan evaluasi kita, waspadai penyebaran virus ini, patuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Mengingat, di Provinsi Bengkulu sendiri saat ini Covid-19 telah menjangkiti sebanyak 240 orang. Sementara untuk pasien konfirmasi yang dinyatakan meninggal per 7 Agustus, mencapai 20 orang.

Bahkan, Jumat (7/8) pukul 11.00 WIB didapati informasi bahwa istri seorang petinggi perbankan yang dinyatakan positif covid-19 akhirnya meninggal dunia.

“Almarhumah tidak memiliki penyakit kormobit, dengan keluhan sesak nafas,” jelas Herwan.

Ia menjelaskan pasien ini sebelumnya sempat dirawat di RSHD Kota Bengkulu. Kemudian dirujuk ke RSUD M Yunus Bengkulu.

“Dengan kabar duka ini, maka kasus konfirmasi positif yang dinyatakan meninggal ada 21 orang,” jelasnya.

Terpisah, Tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu gencar melakukan tracing kasus, Jumat (7/8) juga dilakukan tracing di salah satu fakultas Universitas Bengkulu (Unib). Mengingat sebelumnya salah satu dosen di kampus tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Di hari yang sama juga dilakukan tracing di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu.

“Total hari ini kita mengambil 5 swab dari tracing yang dilakukan di Unib serta Kemenag kota,” kata Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Susilawaty.

Untuk diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 di Bengkulu sampai saat ini sebanyak 240 kasus positif, yang sembuh sebanyak 155 kasus, dan 1.157 dinyatakan suspek. (war)

Berita Lainnya

Gelar Razia, Manusia Silver dan Badut Diamankan

BENGKULU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Bengkulu bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu, …

%d blogger menyukai ini: