Rabu , 23 September 2020
Home / Nasional / Hasil SBMPTN Diumumkan 14 Agustus 2020

Hasil SBMPTN Diumumkan 14 Agustus 2020

JAKARTA – Pengumuman hasil ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) – seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dipercepat. Pengumuman yang sejatinya dijadwalkan pada 20 Agustus 2020 dimajukan enam hari.

Ketua Umum Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) M. Nasih mengungkapkan, pengumuman bakal dilaksanakan pada 14 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB. Menurutnya, penyampaian hasil UTBK ini dilakukan lebih cepat karena memang proses penilaian sudah rampung. ”UTBK-nya kan juga selesai lebih awal ya,” tuturnya, kemarin (10/8).

Pengumuman kelulusan SBMPTN ini nantinya bakal diupload di laman resmi LTMPT di http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Selain itu, bisa juga ke 12 laman mirror perguruan tinggi negeri (PTN). Misalnya, http://sbmptn.ui.ac.id, http://sbmptn.ipb.ac.id, dan http://sbmptn.unair.ac.id. Hal ini untuk mengantisipasi tingginya traffic yang masuk ke laman LTMPT dan membuat buffering yang lama. Selain itu, peserta diminta untuk mengunduh sertifikat UTBK sehari setelahnya, 15 Agustus 2020, pada pukul 15.00 WIB.

Koordinator Humas LTMPT Anwar Effendy menambahkan, untuk bisa mengakses hasil SBMPTN, peserta cukup menggunakan username dan password masing-masing. Kemudian, perlu diketahui bahwa pada tanggal 14 Agustus 2020, pengumuman hanya akan menampilkan hasil kelulusan peserta saja. Yakni lolos atau tidak lolos. Sedangkan pengumuman skor atau nilai UTBK akan disampaikan esoknya.

”Nah sertifikat ini untuk tahu nilai yang diperoleh,” ungkap Anwar.

Nilai tersebut kemudian dapat digunakan untuk mengikuti seleksi mandiri (SM) di PTN yang ada Jalur nilai UTBK. Sejumlah  PTN masih membuka kesempatan untuk pendaftaran jalur SM-nya. Sehingga yang tidak lolos SBMPTN masih bisa mengikuti SM PTN. ”Tes SM dilaksanakan setelah SBMPTN,” katanya.

Terpisah, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho mengungkapkan, kesempatan itu masih ada bila PTN masih membuka pendaftaran SM-nya. Namun kebanyakan PTN sudah menutup pendaftaran SM-nya. Universitas Sebelas Maret (UNS) salah satunya. Pendaftaran sudah ditutup pada 7 Agustus lalu.

”Ada yang masih buka, tapi saya juga tak hafal secara detail mana saja,” tuturnya.

Diakuinya, proses pendaftaran SM ini memang dilakukan berbeda-beda. Namun, seluruh rektor sepakat untuk mengumumkan hasil SM setelah SBMPTN. Sebab, sebagian PTN menggunakan nilai UTBK sebagai acuan seleksi SM-nya. ”Di UNS sendiri ada SM dengan nilai UTBK, ada juga yang ujian tulis yang akan segera diselenggarakan,” katanya.

Sementara itu, terkait peserta yang lolos SBMPTN, Jamal mewanti-wanti agar terus mencermati laman resmi PTN masing-masing. Sebab, akan ada pengumuman mengenai daftar ulang yang wajib dilakukan. Dalam masa pandemi ini, registrasi ulang bakal dilakukan secara online. sehingga semua informasi mengenai persyaratan daftar ulang bakal diumumkan di laman PTN masing-masing. (mia)

Berita Lainnya

Banyak Kasus Covid-19 di Kementerian dan Lembaga Negara

JAKARTA – Menurut data corona.jakarta.go.id jumlah kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di kementerian …

%d blogger menyukai ini: