Selasa , 29 September 2020
Home / ACT / Humanity Food Truck Salurkan Zakat Dermawan untuk Penyintas Banjir Luwu Utara

Humanity Food Truck Salurkan Zakat Dermawan untuk Penyintas Banjir Luwu Utara

RELAWAN: Momen para relawan sedang memakan sajian siap santap dari Humanity Food Truck bersama sama anak di pengungsian.

Humanity Food Truck mendistribusikan ratusan paket makanan siap santap kepada para pengungsi di Luwu Utara pada Selasa (25/8) kemarin. Selama 50 hari tinggal di pengungsian, para penyintas masih membutuhkan bantuan dari para dermawan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

LUWU UTARA – Humanity Food Truck kembali menyapa para pengungsi banjir bandang di Luwu Utara. Tepatnya di Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba, ratusan paket makanan siap saji didistribusikan di 13 titik lokasi pengungsian pada Selasa (25/8).

“Kami mendistribusian sebanyak 600 porsi makanan siap saji kepada para warga yg mengungsi di beberapa lokasi yang berada di sekitar Humanity Food Truck. Alhamdulillah, pendistribusian berjalan dengan lancar dan para warga sangat merasa terbantu dengan bantuan makanan yang bergizi, amanah zakat dermawan yang disalurkan melalui Global Zakat – ACT ini,” ujar Sandi Alam dari Tim Humanity Food Truck yang sedang berada di lokasi.

Hingga saat ini masih ada sekitar 14.000 jiwa terdampak banjir yang mengungsi di sejumlah titik pengungsian. Mereka telah menempati tenda-tenda pengungsian semenjak 50 hari yang lalu, sesaat setelah banjir bandang menerjang Luwu Utara.

“Para penyintas belum bisa kembali ke rumah mereka sampai sekarang. Ada lebih dari 2.000 rumah mereka rusak akibat terjangan banjir dan tak bisa dihuni lagi. Belum lagi fasilitas-fasilitas lainnya seperti sekolah, tempat ibadah, klinik dan lain sebagainya,” jelas Sandi.

Humanity Food Truck sendiri telah membersamai warga penyintas banjir sejak awal Agustus lalu hingga saat ini. “Sejak 3 Agustus awal aksi kita di Masamba, sampai Rabu (26/8) sekarang, sudah ada total 10.200 makanan yang kita distribusikan kepada penerima manfaat. Sebab pangan menjadi salah satu kebutuhan para pengungsi saat ini,” kata Sandi.

SIAPKAN MAKANAN: Para relawan dan tim Humanity Food Truck menyiapkan makanan untuk para penyintas,

Selain pangan, Sandi mengatakan masih banyak lagi kebutuhan dasar yang mendesak saat ini untuk para pengungsi. Misalnya saja air bersih, perlengkapan kebersihan, perlengkapan bayi, perlengkapan tidur, obat-obatan dan pakaian layak pakai, serta kebutuhan perempuan.

“Insyaallah kami akan terus membersamai para penyintas, hingga kehidupan mereka pulih kembali. Kami berharap dukungan para dermawan akan terus mengalir membersamai para korban banjir di Luwu Utara, salah satunya melalui zakat terbaik para dermawan. Bantuan dapat disalurkan melalui rekening BNI Syariah di nomor 990000239 atas nama Yayasan Global Zakat, atau bisa juga melalui laman Indonesia Dermawan,” jabar Sandi.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Banjir bandang sendiri telah meluluhlantakkan Luwu Utara sejak 13 Juli 2020 lalu. Luapan Sungai Masamba dan curah hujan yang tinggi membuat rumah warga terendam air dan lumpur. Banjir juga membawa material berupa gelondong kayu, sampah, dan lumpur. Sejak awal terjadinya bencana tersebut, ACT terus membersamai para korban terdampak dengan membuka layanan posko kemanusiaan sebagai pusat informasi dan penyaluran bantuan untuk warga terdampak. (rls)

Berita Lainnya

Zakat Muzaki Indonesia Mewujud Makanan Bergizi untuk Gaza

Global Zakat – ACT menghadirkan makanan bergizi untuk masyarakat Gaza. Masih di tengah pandemi Covid-19 …

%d blogger menyukai ini: