Selasa , 29 September 2020
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Swab 34 Warga Belum Keluar

Swab 34 Warga Belum Keluar


PROTOKOL KESEHATAN: Bupati BU, Mian terus mensosialisasikan protokol kesehatan termasuk cara bersalaman. Saat ini ada tiga pasien berstatus positif Covid-19 di BU. (Foto SHANDY/RB)

ARGA MAKMUR – Hingga kini hasil swab dari kontak erat pasien ke-16 dan 17 belum diterima Satgas Covid-19 Bengkulu Utara (BU). Warga yang melakukan kontak erat dengan pasien ke-16, balita 20 bulan, dan empat orang dari kontak erat pasien ke-14 wanita berumur 41 tahun.

Juru bicara Satgas Covid-19 BU, Samsul Maarif, SKM, M.Kes menuturkan Satgas sudah mengirimkan sampel swab sejak menerima konfirmasi positif Covid-19. Warga tersebut melakukan kontak langsung lebih dari 30 menit tanpa alat protokol kesehatan.

“Kita menunggu dulu sampai hasil swab tersebut kita dapatkan. Sampai saat ini belum kita terima, kemungkinan karena belakangan ini memang pengiriman sampel meningkat karena munculnya kasus-kasus baru,” kata Samsul.

Karena belum terbit hasil swab, 34 orang tersebut masih diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Termasuk 15 tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas dan klinik kesehatan yang merupakan tempat bekerja orangtua pasien ke-16.

“Kita tidak ingin mengambil risiko, selagi belum muncul hasil swab yang merupakan kepastian, kita minta mereka yang kontak erat untuk tetap isolasi. Sehingga tidak menularkan pada orang lain jika memang nantinya hasilnya positif,” terangnya.

Satgas BU juga melalui tim Satgas kecamatan terus melakukan pengecekan kesehatan, baik bagi pasien positif yang dirawat di rumah maupun kontak eratnya. Jika memang ada gejala klinis yang diderita oleh kontak erat tersebut maka akan langsung dilakukan isolasi di rumah sakit. “Kita juga sudah melakukan rapid test, namun hasilnya negatif. Harapan kita hasil swab tersebut juga negatif yang artinya tidak ada penularan,” harap Samsul.(qia)

Berita Lainnya

KPU Gandeng Satgas Hingga Pemungutan Suara

ARGA MAKMUR – KPU Bengkulu Utara (BU) menggandeng Satgas kesehatan Covid-19 untuk melakukan pencegahan penularan …

%d blogger menyukai ini: