Rabu , 23 September 2020
Home / Daerah / Kaur / Forum BPD Minta Kesetaraan Gaji

Forum BPD Minta Kesetaraan Gaji

TEMUI: Forum BPD Kaur saat bertatap muka dengan Ketua DPRD Kaur Senin (7/9).

KOTA BINTUHAN – Kesetaraan gaji anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan perangkat desa, kembali dituntut oleh Forum BPD Kabupaten Kaur. Dalam APBD Perubahan tahun ini, nampaknya anggaran tersebut terakomodir. Forum BPD Kaur berharap agar tahun 2021 yang akan datang penyetaraan gaji ini terealisasi.

Kepada RB, Ketua Forum BPD Kabupaten Kaur Widi Harto mengatakan kalau pihaknya akan terus berjuang mengusulkan kesetaraan gaji BPD melalui DPRD Kaur. Untuk itu jelang pembahasan APBD Kaur tahun 2021 yang akan datang, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan DPRD Kaur. Bahkan Senin (7/9) Widi, langsung bertatap muka dengan Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini meminta agar tahun 2021 yang akan datang gaji BPD se Kaur sama dengan perangkat desa.

“Kita sudah temui ketua dewan dan meminta agar dewan bersama Pemkab Kaur mengakomodir tuntutan teman-teman kita di BPD Kaur. Yang meminta kesetaraan gaji antara BPD dan perangkat desa. Dari yang disampaikan ibu Diana tadi, dewan akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini bupati terkait regulasi Perbupnya. Dan ini akan kita tunggu kita berharap tahun  2021 yang akan datang gaji BPD setara dengan gaji perangkat desa,” terang Widi Harto kemarin.

Untuk diketahui saat ini gaji 960 anggota BPD yang tersebar di 15 kecamatan kurang lebih Rp 500 ribu per bulan. Gaji BPD ini jauh di bawah kades yang mencapai Rp 2,5 juta per bulannya. Bahkan disbanding dengan perangkat desa juga kalah jauh, yakni Rp 2 juta per bulan. Padahal tugas BPD juga tidak jauh berbeda dengan perangkat desa. Selain itu BPD melakukan pengawasan terhadap pembangunan di desa.

Mereka berharap tahun 2021 yang akan datang, gaji BPD se Kaur ini bisa menjadi perhatian Pemkab Kaur. Karena bisa dianggarkan melalui APBD atau juga melalui dana desa (DD) setiap tahunnya. Sehingga fungsi pengawasan di tingkat desa pun akan lebih baik lagi kedepan, tidak seperti saat ini yang nampak jauh kesenjangannya.

“Harapan kita usulan kita ini nantinya bisa dibahas di pembahasan APBD tahun 2021, sehingga Januari 2021 gaji BPD ini naik. Tidak seperti selama ini jauh sekali dari yang kita harapkan. Apalagi dengan kondisi saat ini gaji BPD di Kaur kita nilai sangat kecil saat ini,” pungkas Widi usai berkoordinasi dengan Ketua DPRD Kaur. (ciK)

Berita Lainnya

Festival Daerah Tunggu APBDP

PELABAI – Sejauh ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong baru melaksanakan 2 …

%d blogger menyukai ini: