Selasa , 29 September 2020
Home / Daerah / Lebong / E-Absensi Terkendala Pengiriman Data

E-Absensi Terkendala Pengiriman Data

Warles Fery, SE, M.Ak.

PELABAI – Penerapan absensi berbasis elektronik atau e-Absensi kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, belum berjalan optimal. Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum bisa melaporkan data e-Absensi dengan maksimal karena terkendala jaringan internet.

Alhasil, untuk OPD yang belum tersentuh jaringan internet masih diberikan kelonggaran dalam pelaporan absensi PNS dan THLT. Operator OPD bersangkutan diminta melaporkan data absensi PNS dan THLT ketika sedang berada di titik yang ada jaringan internetnya. ‘’Kendalanya hanya pada pengiriman data ke server induk aplikasi,’’ ujar Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominf SP) Kabupaten Lebong, Warles Fery, SE, M.Ak.

Sekalipun data absensinya tidak masuk ke server induk tepat waktu, Warles pastikan data absensi di masing-masing OPD maupun satuan kerja (satker) tidak bisa dimanipulasi. Itu karena aplikasi yang dikembangkan penyedia dari Kota Malang, Jawa Timur itu memiliki banyak kelebihan. Salah satunya mampu menyimpan data dalam waktu lama tanpa bisa diubah. ‘’Yang penting setiap PNS atau THLT tetap isi absen di mesin finger yang telah disiapkan di kantornya atau via mobile,’’ terang Warles.

Data absensi yang tersimpan di mesin finger OPD, otomatis akan terkirim ke server induk di Diskominfo ketika perangkat komputer atau laptop milik OPD yang terinstal aplikasi e-Absensi itu terkoneksi ke jaringan internet. Dengan kelebihan yang ada pada aplikasi e-Absensi itu, Diskominfo tidak perlu susah payah menjemput data absensi OPD yang berada di wilayah blank spot. ‘’Inilah salah satu kecanggihan yang ada pada aplikasi e-Absensi yang sekarang kami pakai,’’ ungkap Warles.

Sementara OPD atau satker yang masih bermasalah dengan jaringan internet itu, antara lain Puskesmas Topos dan Puskesmas Pinang Belapis. Sedangkan OPD lain yang berada di titik low spot atau jaringan internetnya lemah, bisa memanfaatkan jaringan internet dari operator selular.(sca)

Berita Lainnya

Bangun Fisik Butuh Rp 727 Miliar

PELABAI – Untuk mengakomodir kebutuhan pembangunan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mengajukan Dana Alokasi …

%d blogger menyukai ini: