Kamis , 21 Januari 2021
Home / Daerah / Seluma / Jelang Pilkada Perekaman E-KTP Dikebut

Jelang Pilkada Perekaman E-KTP Dikebut


JEMPUT BOLA: Disdukcapil Seluma saat melakukan perekaman e-ktp dengan upaya jemput bola dengan mendatangi seluruh kecamatan yang ada,kemarin. (Foto YUDI/RB)

SELUMA – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seluma mempercepat perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Disdukcapil Seluma mengupayakan percepatan rekam data dengan cara jemput bola ke setiap kecamatan.

Selain itu, ketersediaan blangko yang ada saat ini juga bisa dibilang lebih dari cukup. Maka dari itu, semua masyarakat yang ingin merekam dan membuat e-KTP dipastikan dapat terlayani.

Kepala Disdukcapil Seluma, Hj Irzani MSi melalui Kabid Dapduk, Endang Efriadi SE mengatakan bahwa memang saat ini masih banyak yang belum melakukan perekaman terutama anak-anak muda pemula. Oleh sebab itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan juga upaya jemput bola dalam melakukan perekaman e-KTP.

Yakni melaksanakan perekaman keliling terhadap masyarakat di setiap kecamatan-kecamatan setiap harinya. Upaya ini diakuinya cukup berhasil dengan minat masyarakat yang tinggi dalam mengurus data kependudukan.

“Saat ini kita tengah mengebutnya, jadi kita turun langsung ke kecamatan-kecamatan untuk melakukan perekaman keliling,”ujarnya.

Ketersediaan blangko juga diakuinya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum melakukan perekaman. Mengingat selain percepatan perekaman, Disdukcapil Seluma juga sedang mempercepat percetakan fisik e-KTP. Pasalnya hingga saat ini masih ada masyarakat yang memegang surat keterangan (Suket). Ia berharap masyarakat pemegang suket bisa segera mengajukan permohonan cetak e-KTP.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa warga yang sudah melakukan rekam data tidak serta merta bisa langsung dicetak fisik e-KTP-nya, tetapi perlu melalui beberapa tahapan. Diantaranya adalah sudah selesainya penunggalan data di Kementerian Dalam Negeri. Ketika proses itu sudah selesai maka akan keluar status print ready record (PRR) atau siap cetak.

“Ya untuk blanko sendiri dipastikan lebih dari cukup, jadi yang belum dicetak juga bisa diurus agar kita cetak, kita minta masyarakat yang belum mengurus pembuatan e-KTP dapat mengurusnya,”pungkasnya.(cup)

Berita Lainnya

Ricky Gunarwan Resmi Menjabat Penjabat Sekda Seluma

SELUMA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) …

%d blogger menyukai ini: