Rabu , 23 September 2020
Home / Metropolis / Data Pemilih Berkurang 26.043, Dua Kabupaten Diminta Perbaikan

Data Pemilih Berkurang 26.043, Dua Kabupaten Diminta Perbaikan

PENETAPAN: Pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Provinsi Bengkulu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Selasa (15/9). (foto: riris/rb)

BENGKULU  – Terjadi pengurangan jumlah pemilih pada Daftar Pemilih Sementara (DPS) Provinsi Bengkulu, bila dibandingkan dengan DPT Pileg dan Pilpres lalu yakni sebanyak 1.399.108 pemilih. Ini diketahui dalam pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Provinsi Bengkulu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu yang digelar Selasa (15/9). Dimana ada sekitar 26.043 pemilih yang berkurang dari DPT sebelumnya.

“DPS kita dari hasil pleno hari ini berjumlah 1.373.065 pemilih,” kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S.Ag M.M.

Dikatakannya, pengurangan jumlah pemilih ini merupakan hasil validasi yang dilakukan penyelenggara, dan pihaknya pun memiliki rekapitulasi pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). “Penyebabnya karena ada yang sudah meninggal dunia, ada pemilih yang sudah pindah domisili, ada yang tidak dikenal, dan ada juga yang beralih status menjadi anggota POLRI/TNI,” kata Irwan.

Sementara itu, lanjut Irwan, dalam Pleno kemarin memang masih ada 2 kabupaten yang masih belum menyampaikan perbaikan data. Yakni Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma, sedangkan untuk 7 Kabupaten dan 1 Kota lainnya sudah rampung semua. Terkait hal ini terkait validasi data pemilih itu pihaknya akan menindaklanjuti.

“Masalah ini tentu saja rekomendasi itu sebagai bahan bagi KPU Kabupaten untuk memperbaiki DPS,” ucap Irwan.

Untuk diketahui, perbaikan DPS dilakukan hingga rentang waktu penetapan DPT yang berlangsung 9-16 Oktober. Maka dari itu pasca pleno, DPS ini nantinya ditempelkan di kantor Desa/Kelurahan.

“KPU pada tahun ini, akan melakukan uji publik. Selain menempel DPD. Dengan membuat forum dialog dua arah,” ungkap Irwan.

Dalam uji publik ini, pihaknya akan mengundang warga dan di desa masing-masing. Perwakilan parpol dan bakal pasangan calon. Yang mana akan dilakukan di setiap tingkatan.

” Dari situ lah akan dilakukan perbaikan dari DPS,” tutupnya.

Sementara itu, ada 2 kabupaten yang diminta oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu untuk melakukan perbaikan data pemilih. Ini disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi, Halid Saifullah, SH, MH mengatakan. Ia menyebutkan 2 Kabupaten yang direkomendasikan pihaknya pada KPU untuk melakukan perbaikan data pemilih yakni Bengkulu Utara, dan Kabupaten Seluma.

“Kita berharap rekomendasi itu dapat ditindaklanjuti KPU dalam waktu 10 hari kedepan,” kata Halid, usai rapat pleno terbuka DPS, kemarin (15/9).

Disebutkannya, masih ada masyarakat yang sudah memiliki hak suara, tapi belum terakomodir dalam DPS. Sehingga perbaikan itu harus segera dilakukan.

“Misalnya ada yang masih di bawah umur, tetapi sudah menikah. Pada kasus seperti ini seharusnya sudah memiliki hak suara. Juga ada akibat dari pegeseran TPS, dimana pemilih harusnya memilih di TPS sesuai domisilinya,” jelas Halid.

Terkait hal tersebut, Ketua KPU Provinsi, Irwan Saputra, S.Ag, MM menuturkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti perihal rekomendasi terkait validasi data pemilih dari Bawaslu itu.

“Itu sudah kita teruskan ke KPU Kabupaten Bengkulu Utara dan Seluma. Tentu saja rekomendasi itu sebagai bahan bagi KPU Kabupaten untuk memperbaiki DPS,” ucap Irwan.

Ia menyebutkan perbaikan DPS dilakukan hingga rentang waktu penetapan DPT yang berlangsung, yakni antara 9-16 Oktober nanti.

 Untuk diketahui, berdasarkan rapat pleno tadi (kemarin, red), hasil rekapitulasi tingkat Provinsi Bengkulu DPS sebanyak 1.373.065 pemilih, 4.336 TPS yang tesebar di 129 Kecamatan. Apabila berpatokan pada DPT Pileg dan Pilpres lalu yakni sebanyak 1.399.108 pemilih, memang untuk mengalami penurunan jumlah pemilih.

“Tapi terjadinya pengurangan itu merupakan hasil validasi yang dilakukan penyelenggara, dan kita memiliki rekapitulasi pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS),” jelasnya.

Pengurangan jumlah ini, disebabkan beberapa faktor. Diantaranya ada yang sudah meninggal dunia, ada pemilih yang sudah pindah domisili, ada yang tidak dikenal, dan ada juga ada yang beralih status menjadi anggota Polri/TNI. (war)

Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Provinsi Bengkulu

 

Bengkulu Tengah 83.140 Pemilih

Bengkulu Selatan 117.365 Pemilih

Rejang Lebong 191.931 Pemilih

Bengkulu Utara 202.311 Pemilih

Kaur 88.566 Pemilih

Seluma 137.214 Pemilih

Mukomuko 124.219 Pemilih

Lebong 74.865 Pemilih

Kepahiang 107.533 Pemilih

Kota Bengkulu 245.921

Total 1.373.065 Pemilih

Berita Lainnya

Data Guru Belum Valid, Pemberkasan TPG Dimulai

BENGKULU – Pengusulan penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk triwulan III sudah dimulai. Tahap awal, …

%d blogger menyukai ini: