Selasa , 29 September 2020
Home / Nasional / Penyakit Lama yang Tidak Sembuh-Sembuh

Penyakit Lama yang Tidak Sembuh-Sembuh

Ma’ruf Amin

 

JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyoroti netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam gelaran pemilihan kepada daerah (Pilkada). Menurut dia, netraltias ASN di dalam pilkada seperti penyakit lama yang tidak sembuh-sembuh.

Ma’ruf mengatakan persoalan netralitas ASN itu menjadikan sebuah kecacatan dalam demokrasi. “Baik itu dalam pilkada maupun pilpres,’’ kata Ma’ruf Amin saat menerima petinggi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) secara virtual di Jakarta Selasa (15/9).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan KASN diharapkan turut memberikan pengawasan terhadap kode etik netralitas ASN sesuai kewenangannya. Khususnya netralitas ASN dalam menghadapi perhelatan pilkada serentak Desember mendatang.

Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja pengawasan ASN, Ma’ruf mengatakan KASN dapat bekerjasama dan bersinergi dengan kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah. Dia menegaskan sebagai wakil presiden, akan mendukung dan backup penuh upaya peningkatakan kualitas ASN serta reformasi birokrasi secara umum.

’’ASN yang mandiri dan bebas intervensi politik sangat dibutuhkan untuk menjalani fungsi (birokrasi, Red),’’ jelas Ma’ruf. Dia mencontohkan untuk menghindarkan intervensi politik itu, pengangkatan pejabat di lingkungan pemerintah menggunakan sistem merit atau seleksi terbuka.

Menurut dia sistem seleksi terbuka pengisian jabatan itu tidak hanya menjadmi keadilan untuk para ASN. Tetapi juga mendorong peningkatan kompetensi dan kinerja ASN. Ujungnya birokrasi pemerintah dapat tumbuh menjadi birokrasi yang berkualitas. (wan)

Berita Lainnya

Pilkada Berpotensi Perparah Penyebaran Covid-19, Desak Penundaan Sementara

JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada 2020 yang digelar di tengah pandemi Covid-19 menemui tantangan besar menyusul …

%d blogger menyukai ini: