Jumat , 25 September 2020


BERHENTI: Puskesmas Curup terlihat sepi dan di pintu pagar tertulis pengumuman tutup sementara. (Foto Wanda/rb)

CURUP – Kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong (RL) semakin hari semakin meningkat. Terbaru jumlah warga terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten RL kembali bertambah sebanyak empat orang atau total seluruhnya menjadi 36 kasus. Dua diantaranya kasus baru, yaitu kasus 34 dan kasus 35 adalah tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di dua puskesmas berbeda.

Dampaknya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten RL terhitung kemarin menghentikan sementara operasi dua puskesmas tersebut, masing-masing Puskesmas Curup dan Puskesmas Binduriang. Penghentian pengoperasian dua puskesmas tersebut belum bisa dipastikan sampai kapan, namun yang jelas menunggu hasil uji swab yang akan dilakukan kepada seluruh jajaran di dua puskesmas tersebut.

‘’Benar, untuk sementara operasi dua puskesmas tersebut dihentikan sementara terkait ada salah satu nakes mereka dinyatakan terkonfirmasi positif. Kalau sampai kapan, kita belum bisa memastikan, tapi kita sembari menunggu hasil ujia swab petugas dilingkungan dua puskesmas tersebut dulu,’’ terang Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten RL sekaligus Kepala Dinkes Kabupaten RL Syamsir, S.KM, M.KM kemarin.

Dijelaskan Syamsir, untuk empat orang kasus baru terkonfirmasi Covid-19 tersebut, masing-masing kasus 33 Perempuan berusia 61 tahun warga Kecamatan Curup Selatan yang kontak dengan kasus 17. Kemudian dua tenaga kesehatan masing-masing kasus 34 Perempuan berusia 56 tahun warga Kecamatan Curup Tengah dan kasus 35 Perempuan berusia  33 tahun warga Kecamatan Binduriang.

‘’Sedangkan untuk satu orang lagi yaitu kasus 36 Laki-laki berusia 39 tahun warga Kecamatan SBI (Sindang Beliti Ilir, red). Untuk kasus 36 ini merupakan pelaku perjalan yang sebelumnya baru pulang dari Kota Lubuk Linggau. Seluruh kasus baru ini sudah melakukan isolasi mandiri,’’ jelas Syamsir.

Ditambahkan Syamsir, selain ada tambahan kasus baru, juga ada tambahan kasus konfirmasi sembuh. Kasus sembuh tersebut yaitu kasus 28 setelah dilakukan karantina atau isolasi mandiri dan tidak menimbulkan gejala. Selain itu juga dari hasil pemeriksaan dokter, setelah dilakukan isolasi, kasus 28 dinyatakan dalam kondisi sehat.

‘’Untuk tindaklanjut yang konfirmasi, kita hari ini (kemarin, red) melakukan pengambilan sample uji swab kepada 87 nakes. Termasuk juga akan mengambil sample uji swab keluarga kasus baru terkonfirmasi Positif Covid-19. Kita lihat nanti bagaimana hasil swab dari sample yang sudah kita ambil ini,’’ demikian Syamsir.(dtk)

Berita Lainnya

Target PAD Rp 568,3 Juta, Distan Merasa Keberatan

KEPAHIANG – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepahiang tahun ini memiliki target untuk menyetorkan Pendapatan Asli …

%d blogger menyukai ini: