Rabu , 23 September 2020
Home / Daerah / Kaur / Antisipasi Banjir, Bupati Perintahkan Bangun Siring

Antisipasi Banjir, Bupati Perintahkan Bangun Siring


CEK: Bupati Kaur saat melakukan pengecekan rencana pembangunan siring antisipasi banjir di Desa Kepala Pasar. (Foto ALBERTUS/RB)

KOTA BINTUHAN – Jalan lintas barat yang berada di Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan yang sudah bertahun-tahun ini menjadi keluhan masyarakat karena selalu banjir saat hujan. Tidak lama lagi akan akan teratasi, bahkan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kembali banjir saat musim hujan seperti saat ini. Selasa (16/9) Bupati Kaur Gusril Fauzi, S.Sos, M.AP langsung menurunkan alat berat untuk penggalian siring untuk mengalirkan air kalau hujan tiba.

Pekerjaan yang diperkirakan memakan waktu kurang lebih satu bulan dan juga akan memakan tanah milik warga sekitar ini menjadi perhatian dari bupati Kaur. Agar warga masyarakat pemilik tanah yang menjadi lokasi pembuatan siring nantinya dapat merelakan tanahnya dikeruk dan dibangun siring untuk antisipasi banjir saat hujan tiba. Tidak hanya itu saja bupati juga berharap masyarakat juga dapat mendukung penuh pemerintah dalam mengatasi banjir yang selama ini dikeluhkan warga Desa Kepala Pasar dan sekitarnya.
“Untuk antisipasi banjir yang selama ini dikeluhkan masyarakat, hari ini kita sebagai pemerintah turun untuk membangun langsung siring.

Dan kita harapkan ini mendapatkan dukungan masyarakat sekitarnya, karena mungkin nantinya terganggu selama pekerjaan. Kemudian ada tanah depan rumahnya atau pondasinya yang terkeruk nantinya tolong dimengerti. Karena pekerjaan ini memakan waktu cukup lama dan paling cepat dua minggu. Mudah-mudahan setelah dibangunnya siring ini, tidak ada lagi banjir di jalan lintas Desa Kepala Pasar ini,” kata Bupati Kaur Gusril Fauzi Selasa (16/9).

Terkait dengan pembangunan siring untuk mengatasi banjir yang selama ini terjadi saat musim hujan di Desa Kepala Pasar tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar. Apa lagi sudah bertahun-tahun ini hal ini menjadi keluhan warga, karena genangan air kalau hujan sampai ke dalam rumah warga, warung milik warga sekitar. Dan juga menggenangi jalan lintas hingga satu meter dalamnya dan ini tentunya sangat mengganggu lalu lintas dan juga rumah warga sekitar.

“Kita sangat mendukung pembangunan ini, karena sudah lama kita dambakan. Dan alhamdulilah kali ini baru terwujud. Kami juga siap jika ada teras atau tanah kami yang dikeruk untuk pembangunan siring nantinya,” ungkap salah satu warga Desa Kepala Pasar Rusli Usman.
Terkait dengan pembangunan ini, Plt Kadis PUPR Kaur Hiftario Syaputra, ST saat dikonfirmasi mengatakan kalau siring yang akan dibangun nantinya dengan pihak balai hanya satu siring saja yaitu dari kiri jalan dari arah Bengkulu. Dengan panjang siring yang akan dibangun untuk antisipasi banjir ini kurang lebih 357 meter dan airnyaakan dialirkan ke air tube. Karena ini jalan negara tentunya Pemkab Kaur melibatkan pihak balai untuk pembangunan siring antisipasi banjir tersebut.

“Kita hari ini menurunkan alat berat untuk segera melakukan pengerukan bersama pihak balai dan kita pastikan ini bisa kita selesaikan dalam waktu dekat. Untuk siring yang akan dibangun hanya satu saja, untuk lokasi mengalirkan air yang kerap tergenang ke air tube. Dan kita harapkan ini bisa mengatasi banjir yang selama ini menjadi keluhan masyarakat,” pungkas Plt Kadis PUPR Kaur Hiftario Syaputra. (cik)

Berita Lainnya

Festival Daerah Tunggu APBDP

PELABAI – Sejauh ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong baru melaksanakan 2 …

%d blogger menyukai ini: