Sabtu , 24 Oktober 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Warga Lima Desa Dapat Layanan Dukcapil Keliling

Warga Lima Desa Dapat Layanan Dukcapil Keliling


RAMAI : Warga yang sedang mengantre untuk mendapatkan pelayanan keliling dari Dukcapil Benteng.(Foto JERI/RB)

BENTENG  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Tengah (Benteng) mulai 14 September hingga 21 Oktober 2020 melakukan perekaman data e-KTP keliling di setiap kecamatan. Pelayanan dari Dukcapil ini salah satunya dilaksanakan di Kecamatan Pondok Kelapa bertempat di Balai Desa Sunda Kelapa.

Dinas Dukcapil membuka perekeman e-KTP maupun pencetakkan administrasi kependudukan (adminduk). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Benteng, Ayatul Muktadin, SH melalui Sekretaris Dinas Dukcapil, Adnan Muktadi. Ia menjelaskan pelayanan keliling yang dilakukan di Balai Desa Sunda Kepala mendapatkan antusias yang tinggi dari warga. Ada lima desa yang warganya datang untuk melakukan perekaman maupun pencetakan adminduk.

“Lima desa itu ada Desa Sunda Kelapa, Padang Betuah, Abu Sakim, Desa Pondok Kelapa dan Pekik Nyaring. Masyarakat yang datang bisa mengurus perekaman e-KTP, mengurus akta kelahiran, mengurus KIA dan membuat KK. Untuk KIA kita membawa alat langsung, sehingga KIA bisa dilakukan pencetakan di tempat dan bisa langsung dibawa pulang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selain program dari pusat, pelayanan keliling ini dilakukan Dinas Dukcapil agar mempermudah masyarakat untuk mengurus semua keperluan adminduk. Sebab untuk jarak kantor Dinas Dukcapil Benteng dengan wilayah Kecamatan Pondok Kelapa memiliki jarak yang sangat jauh, sehingga ini menjadi alasan masyarakat untuk malas mengurus semua adminduk.

“Warga yang datang ramai, pihak pemerintah desa dan Dukcapil tetap menerapkan protokol kesehatan. Semua warga wajib mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer sebelum masuk dan warga harus memakai masker. Bagi warga yang tidak memakai masker tidak akan mendapatkan pelayanan,” jelasnya.

Kepala Desa Sunda Kelapa, Karyo menambahkan dengan pelayanan ini sangat membantu warga di Kecamatan Pondok Kelapa hususnya Sunda Kelapa dalam mengurus semua keperluan adminduk. “Jarak desa atau kecamatan kita ke kantor Dukcapil di Renah Semanek sangat jauh,” terangnya.

Karyo berharap program pelayanan Dukcapil keliling ini bisa dilakukan setiap tahun. “Apabila pelayanan keliling ini diadakan secara rutin setiap tahun, maka sangat membantu kita yang berada sangat jauh dari kantor Dukcapil,” katanya.

Untuk diketahui, ada 10 kecamatan yang dijadikan titik sasaran pelayanan terdiri dari 3 desa di Kecamatan Pematang Tiga, 3 desa di Kecamatan Bang Haji, 3 desa di Kecamatan Pondok Kelapa serta di Kecamatan Pagar Jati, Merigi Sakti, Merigi Kelindang, Pondok Kubang, Taba Penanjung, Talang Empat dan Semidang Lagan masing-masing dua desa. Kegiatan ini akan berakhir pada 21 Oktober mendatang.(jee)

Berita Lainnya

Jelang Pilkada, Siapkan 4.000 Blangko E-KTP

BENTENG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini mempersiapkan 4000 …

%d blogger menyukai ini: