Sabtu , 24 Oktober 2020
Home / Daerah / Lebong / Ajak Masyarakat Awasi Progres Pembangunan

Ajak Masyarakat Awasi Progres Pembangunan

PELABAI – Anggota DPRD Kabupaten Lebong Mahdi, S.Sos meminta masyarakat Lebong proaktif mengawasi proses pembangunan yang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong tahun ini. Tujuannya semata untuk memastikan kegiatan yang telah dirancang, hasil akhirnya sesuai dengan tahap perencanaan. ‘’Masyarakat jangan diam saja kalau melihat adanya kejanggalan dalam pembangunan,’’ ujar Mahdi.

       Dengan adanya pengawasan langsung dari masyarakat, besar harapan pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Lebong benar-benar bermanfaat. Di sisi lain, DPRD Kabupaten Lebong juga dipastikannya proaktif melakukan pengawasan kegiatan secara ketat. Itu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPRD. ‘’Yakni legeslasi, penganggaran dan pengawasan,’’ ungkap Mahdi.

       Namun tanpa adanya peran aktif masyarakat, tentu saja hasilnya tidak akan maksimal. Terlebih untuk pekerjaan fisik yang lokasinya jauh dari pusat pemerintahan sehingga ada kemungkinan kurang terpantau. Jika masyarakat menemukan adanya kelanggalan dalam pembangunan, tidak perlu ragu melaporkan langsung ke DPRD.

“Kalau memang ada indikasi penyimpangan, kami DPRD akan merekomendasi agar diproses hukum,’’ papar Mahdi.

       Sementara Pemkab Lebong juga diharapnya tidak lepas tangan. Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, Pemkab Lebong harus lebih ketat melakukan pengawasan pembangunan yang tengah dicanangkan. Justru itu prosesnya harus benar-benar diperhitungkan dengan matang sejak awal. ‘’Misalnya memilih rekanan yang memang berpengalaman dan punya track record baik di bidang pembangunan fisik,’’ tutup Mahdi. (sca)

Berita Lainnya

Pengajuan DD Tahap II Menyisakan 14 Desa

PELABAI – Dari 93 desa penerima Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di …

%d blogger menyukai ini: