Sabtu , 24 Oktober 2020
Home / Probis / Bersaing di Nasional, Bank Bengkulu Raih Predikat Bank Berkinerja Terbaik Versi Infobank Award 2020

Bersaing di Nasional, Bank Bengkulu Raih Predikat Bank Berkinerja Terbaik Versi Infobank Award 2020

Agusalim

BENGKULU – PT. Bank Pembangunan Daerah Bengkulu kembali mencatatkan prestasi gemilang. Bersaing dengan 110 bank umum se-Indonesia, Bank Bengkulu berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam ajang penghargaan perbankan bergengsi 25th Infobank Award 2020. Tiga penghargaan tersebut untuk kategori Modal Inti di Bawah Rp 1 Triliun, Diamond Award 2020 dan Infobank Special Award 2020.

“Tentunya kita sangat bersyukur atas penghargaan yang telah berhasil diraih. Semoga penghargaan ini terus memotivasi dan memacu Bank Bengkulu untuk terus tangguh dan tumbuh,” kata Direktur Utama Bank Bengkulu H. Agusalim, SE, ME usai menerima penghargaan melalui E-Awarding dan Web Seminar bertema Traditional Banks vs Challenger Banks, kemarin (29/9).

Pada penghargaan dengan kategori Modal Inti Dibawah Rp 1 Triliun, Bank Bengkulu mendapat predikat “Sangat Bagus” dengan skor tertinggi sekaligus menempati urutan pertama. Lalu disusul lima bank lainnya yakni Bank Sulteng, Bank Lampung, Bank Bisnis, Bank of China dan MUFG Bank.

Lalu untuk penghargaan Diamond Award 2020, Bank Bengkulu mendapat predikat “Sangat Bagus” selama 20 tahun berturut-turut dalam ajang prestius 25th Infobank Award 2020, bersama 12 bank lainnya. Yakni BTPN, BPD Bali, Bank Jateng, Bank Jambi, Bank Sulselbar, Bank BJB, Bank Kalbar, Bank BPD DIY, Bank Sultra, BCA, Bank OCBC NISP dan Bank Jatim.

Sementara kategori Infobank Special Award 2020, ini merupakan salah satu kategori penghargaan khusus yang dianugerahkan kepada Bank Umum Buku 1 Terbaik atas kinerjakeuangan yang gemilang sepanjang tahun kerja 2019. Selain Bank Bengkulu, kategori The Best Performance Bank 2020 diraih Bank Mandiri : BUKU 4, BTPN: BUKU 3, Bank Sulselbar: BUKU 2.

Agusalim mengatakan, ditengah kondisi perekonomian yang saat ini terdampak Covid-19, Bank Bengkulu masih bisa menunjukkan pertumbuhan yang bagus. Terbukti, pada akhir Agustus aset Bank Bengkulu mencapai Rp 8,1 triliun. “Ini adalah aset tertinggi yang dicapai Bank Bengkulu,” ujar Agusalim.

Dari segi kredit, Bank Bengkulu sudah menyalurkan dana Rp 5,6 triliun, dana pihak ketiga mencapai Rp 5,9 triliun. “Untuk laba mencapai Rp 106 miliar pada posisi akhir Agustus. Tahun lalu, sepanjang 2019 labanya Rp 107 miliar. Insya Allah pada akhir tahun, laba Bank Bengkulu lebih besar lagi.

Mengutip rilis Infobank, penghargaan 25th Infobank Award diberikan berdasarkan hasil kajian Biro Riset Infobank (birI) bertajuk “Rating 110 Bank Versi Infobank 2020”. Ada empat pendekatan yang digunakan Biro Riset Infobank untuk melakukan rating terhadap 110 bank umum. Yakni, pendekatan rasio keuangan penting, pertumbuhan, good corporate governance (GCG), dan profil risiko.

“Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi Infobank terhadap bank-bank yang berhasil mencatatkan kinerja terbaiknya di tahun 2019. Semoga kinerja terbaik mereka bisa berlanjut di tahun 2020 di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank, dalam kata sambutannya.

Menurut Eko, pemberian penghargaan “Infobank Awards 2020” ini sangat spesial karena memasuki tahun ke-25 sejak pertama digelar tahun 1996. Even kali ini juga ada pemecahan rekor karena ada 1 bank yang berhasil meraih predikat “Sangat Bagus” selama 25 tahun berturut-turut.

Selain itu, ada 13 bank yang berhasil mempertahankan kinerja terbaiknya selama 20 tahun, 5 bank berkinerja terbaiknya selama 15 tahun, 3 bank berkinerja terbaiknya selama 10 tahun, dan 15 bank berkinerja terbaiknya selama 5 tahun berturut-turut. Serta 10 bank mendapat sertifikat “Infobank Awards 2020”.

“Ini prestasi yang layak diberikan apresiasi oleh para pemegang saham karena keberhasilan manajemen bank dalam menjaga kontinuitas kinerja perusahaan. Menjaga kinerja terbaik selama puluhan tahun bukan hal yang mudah,” ujar Eko.

Atas prestasinya ini, masing-masing bank mendapatkan tropi sesuai dengan raihan prestasinya. Untuk bank peraih kinerja “Sangat Bagus” selama 25 tahun mendapatkan “Crown Trophy”, untuk kinerja 20 tahun mendapatkan “Diamond Trophy”, untuk kinerja 15 tahun mendapatkan “Titanium Trophy”, untuk kinerja 10 tahun kinerja mendapatkan “Platinum Trophy”, dan untuk kinerja 5 tahun mendapatkan “Golden Trophy”. Untuk kinerja terbaik 1 tahun mendapat sertifikat “Infobank Awards 2020”. (ken)

Berita Lainnya

Ingin Memodifikasi Jok Sepeda Motor? Ikut Langkah Aman dari Astra Honda Motor Berikut

JAKARTA – Memodifikasi sepeda motor bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup mengasyikkan, tak terkecuali …

%d blogger menyukai ini: