Senin , 30 November 2020
Home / Breaking News / Peringatan International Coffee Day 2020 Secara Virtual, Bangkitkan Semangat untuk Kesejahteraan Bersama

Peringatan International Coffee Day 2020 Secara Virtual, Bangkitkan Semangat untuk Kesejahteraan Bersama

VIRTUAL: Peringatan International Coffee Day (ICD) tahun 2020 dilaksanakan secara virtual meeting. (foto: ist/rb)

BENGKULU – Peringatan International Coffee Day (ICD) tahun 2020 dilaksanakan secara virtual meeting. Ini dilakukan lantaran saat ini masih berada di masa pandemi Covid-19. Namun, tak mengurangi semangat yang bertujuan untuk kesejahteraan bersama.

Spesialnya, peringatan International Coffee Day kali ini, Provinsi Bengkulu yang menjadi tuan rumah ICD yang dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Plt. Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah. Kegiatan ini juga menggandeng Bencoolen Coffee bersama PT. Cybers Global Indonesia (PT. CGI). Peserta acara ini berasal dari dalam dan luar negeri. Seperti India, China, Korea, negara Timur Tengah dan banyak negara lain.

Ketua Panitia Peringatan ICD, Dedi Yudianto mengatakan, Bengkulu ditunjuk Kementerian Perindustrian pada tahun 2019 sebagai tuan rumah peringatan hari Coffee dunia yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020. Namun sempat dibatalkan karena pandemi Covid-19. Akan tetapi Pemprov bekerja sama dengan Bencoolen Coffee bersama PT CGI berinisiasi tetap menjalankan peringatan International Coffee Day, namun dilakukan secara virtual.

“Kendati demikian, tidak mengurangi makna peringatan tersebut karena semua kegiatan tersebut secara virtual tanpa mengumpulkan massa seperti pada peringatan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Dedi, Jumat (2/10).

Lebih lanjut diungkapkan, walaupun digelar secara virtual semua kegiatan bisa dilakukan, termasuk Trading B to B dan perwakilan kelompok tani, para pengusaha kopi dilibatkan serta dipersiapkan website khusus kopi Indonesia dalam menyambut hari international coffee 2020 dengan website Http://coffee.cybers.id.

“Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasnita dan Plt. Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah bersama Chairmain ICO 2019/2020, serta Dirjen Bun Kementan, Dirjen Amerika Eropa Kemenlu. Semangat kopi Indonesia tetap mendunia di tengah pandemi,” kata Dedi bersemangat.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengutarakan, meski di tengah pandemi kegiatan International Coffee Day ini merupakan momen penting untuk bisa memperkenalkan kopi Indonesia ke mata dunia. Dia juga mengapresiasi, Gubernur Bengkulu, Rohidin mersyah yang telah memberikan gagasan dalam kegiatan yang dilakukan secara virtual di tengah pandemi Covid-19. “Harapan kita kegiatan ini mampu ikut mendorong produksi kopi kita, sehingga juga dapat mengangkat ekonomi para petani kopi,” ungkap Agus.

Agus menyampaikan, pandemi bukan menjadi halangan untuk tetap berusaha terutama buat kesejahteraan para petani. Apalagi Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, bahkan Bengkulu merupakan penghasil kopi ketiga terbesar di Nusantara. “Selamat hari kopi dunia, mari kita bangkitkan produksi kopi kita demi kesejahteraan bersama,” sambungnya.

Ditambahkan Plt Gubernur Benglulu, Dedy Ermansyah, bahwa saat ini Bengkulu tengah menggiatkan produksi kopi dengan kualitas terbaik agar kopi Bengkulu mudah dikenal dunia. Menurutnya, kopi Bengkulu memiliki keunikan rasa tersendiri. “Acara ICD ini merupakan ajang memperkenalkan kopi Bengkulu ke tingkat nasional dan internasional. Acara ini akan berlangsung selama 4 hari yakni 1- 4 Oktober 2020,” jelas Dedy.

Ditambahkannya, guna mendukung program cinta kopi tanah air, Pemprov juga telah membuat program Satu Desa Satu Warkop untuk seluruh desa yang ada di Provinsi Bengkulu. “Harapannya, agar siapa pun yang datang ke Bengkulu akan dapat menikmati kopi di seluruh pelosok dengan rasa dan seduhan yang sama,” demikian Dedy. (zie)

Berita Lainnya

Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Imbau dan Bagikan Masker

BENGKULU – Personel UKL II Polres Bengkulu Polda Bengkulu menggelar operasi yustisi tentang penerapan dan …

%d blogger menyukai ini: