Rabu , 21 Oktober 2020
Home / Breaking News / Bawaslu “Sapu” Bersih APS di 15 Kecamatan

Bawaslu “Sapu” Bersih APS di 15 Kecamatan


DITURUNKAN: Tim gabungan melakukan penertiban baliho yang masih ada foto calon incumbent, kemarin (12/10) . (Foto Peri/rb)

MUKOMUKO – Untuk pertama kalinya, Kota Mukomuko bersih dari Alat Peraga Sosialisasi (APS). Terutama di sepanjang jalan protokol, mulai dari Bundaran Kota Mukomuko, hingga ke Bandara Mukomuko.
Pembersihan APS dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mukomuko  bersama Satpol PP dan instansi terkait lainnya. Sehingga pembersihan serupa juga dilakukan di 14 kecamatan lainnya.
Ketua Bawaslu Mukomuko, Padlul Azmi, SH mengatakan, pembersihan APS dilaksanakan serentak di 15 kecamatan se-Kabupaten Mukomuko. Sesuai hasil kesepakatan bersama, dalam rangka menjalankan ketentuan yang sudah diatur pada pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

APS yang dibersihkan tanpa pandang bulu. Selagi ada foto orang yang maju dan menjadi peserta Pilkada 2020, diturunkan. Termasuk APS bagi calon yang batal maju di Pilkada. “Kami upayakan dalam satu hari ini seluruh APS sudah disapu bersih, tak ada yang terpasang,” tegasnya.

Penertiban tersebut dilakukan Bawaslu di seluruh wilayah. Teknisnya, di setiap kecamatan ditertibkan oleh Panwascam ditambah dua anggota Satpol PP. Penertiban APS seperti baliho, spanduk sosialisasi yang ada gambar mereka yang mencalon di Pilkada. Bukan saja yang ada di pinggir jalan, tapi juga yang terpasang di rumah-rumah warga.
“Penertiban yang dilakukan khusus untuk APS semua calon serta poster sosialisasi milik Pemda. Pembersihan tersebut secara langsung disaksikan perwakilan Pemda Mukomuko, kepolisian dan komisioner KPU Mukomuko,” ujarnya.

Penertiban dilakukan setelah terlebih dahulu Bawaslu menyampaikan surat ke pasangan calon dan pemerintah daerah untuk menertibkan sendiri APS baik berupa spanduk maupun baliho sosialisasi dari pemda yang ada gambar incumbent yang telah ditetapkan menjadi calon.
“Kita bersihkan yang masih tersisa. Khusus  APS milik Pemda Mukomuko sudah mulai diturunkan oleh jajaran Pemkab Mukomuko. Untuk petahana Gubernur Bengkulu, Bawaslu yang langsung menurunkan,” sebut Padlul.

Selanjutnya, seluruh APS yang telah dibersihkan dan diturunkan bersama Satpol PP Mukomuko, kemudian diamankan ke kantor Panwascam. “Bagi calon peserta pilkada yang akan mengambil baliho, spanduk dan lainnya yang telah diturunkan, dipersilakan datang ke kantor panwascam di masing-masing kecamatan dan dibuat berita acara pengambilan,” demikian Padlul.(hue)

Berita Lainnya

946 KPM Terima Bantuan Beras PKH

BENGKULU – Sebanyak 946 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 3 kelurahan di Kecamatan Selebar Kota …

%d blogger menyukai ini: