Jumat , 27 November 2020
Home / Breaking News / KPU Targetkan Partisipasi Pemilih di Atas 80 Persen

KPU Targetkan Partisipasi Pemilih di Atas 80 Persen

Siti Baroroh

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menargetkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 mendatang di atas 80 persen.

“Pada Pileg tahun 2019 lalu. Angka partisipasi pemilih di atas 75 persen dari total seluruh mata pilih yang ada. Dan untuk Pilgub Bengkulu tahun ini, sesuai dengan target KPU pusat angka partisipasi pemilih ditargetkan di atas 80 persen,” ungkap Anggota Divisi Data dan Perencanaan KPU Provinsi Bengkulu, Siti Baroroh M.Si, Senin (26/10).

Diketahui, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Bengkulu sebanyak 1.374.430 pemilih dengan jumlah pemilih laki-laki total 695.761 dan pemilih perempuan 678.669 yang tersebar di 4.341 TPS di Provinsi Bengkulu. “Target partisipasi pemilih ini harus meningkat setiap waktu dari Pemilu sebelumnya. Dimana dengan meningkatnya partisipasi pemilih itu artinya pelaksanaan atau penyelenggaraan demokrasi kita semakin baik,” ungkap Siti.

Siti Baroroh melanjutkan, sesuai petunjuk dari KPU pusat, pelaksanaan Pilkada akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan, ada beberapa aturan baru di setiap TPS yang wajib dipatuhi seperti menjaga jarak pemilih saat berada di dalam TPS.

Kemudian juga disiapkan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh pemilih, disiapkan tempat cuci tangan, dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala oleh petugas KPPS. Disiapkan sarung tangan, kemudian ada bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat. Seluruh panitia KPPS di-rapid test terlebih dahulu, serta masker juga harus selalu dipakai.

“Dengan sosialisasi secara intens yang kita lakukan serta penerapan Prokes Covid-19 sesuai aturan PKPU Nomor 6 tahun 2020, kita yakin angka partisipasi pemilih akan meningkat,” demikian Siti Baroroh. (zie)

Berita Lainnya

Diduga Selingkuh, ASN Provinsi Dilaporkan Suami ke Polisi

BENGKULU – JU (52) warga Kelurahan Kebun Beler Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu, Jumat (27/11) …

%d blogger menyukai ini: