Senin , 30 November 2020
Home / Breaking News / H-7 Pencoblosan, Logistik Komplit

H-7 Pencoblosan, Logistik Komplit

PERSIAPAN: Pokja KPU Lebong tengah menyiapkan APD untuk menunjang protokol kesehatan di TPS saat pemungutan suara Pilkada. (Foto ARIS/RB)

PELABAI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidr, SE menargetkan H-7 pemungutan suara atau hari pencoblosan, seluruh logistik pilkada sudah komplit di 222 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mulai dari bilik dan kotak suara hingga kertas suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) hingga Pemilihan Bupati (Pilbup) Lebong. ”Untuk TPS sulit kami dahulukan pendistribusiannya,” kata Shalahuddin.

Tidak hanya logistik Pilkada, Shalahuddin juga memastikan 222 TPS akan dilengkapi Alat Perlindungan Diri (APD). Mulai dari masker, tisu, hand sanitizer serta peralatan cuci tangan sarung tangan plastik hingga sarung tangan plastik. Itu untuk memastikan pemilih yang datang ke TPS steril dari penularan Covid-19. ”Untuk kotak suara sudah mulai kami rakit dan APD sudah mulai kami siapkan dari sekarang,” tutur Shalahuddin.

Diakuinya, logistik yang diterima KPU Lebong belum sepenuhnya lengkap. Beberapa diantaranya dipastikan tiba minggu ini. Antara lain kotak suara Pilbup yang saat ini masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Kabupaten Lebong. Termasuk bilik suara, segel serta logistik lainnya. ”Begitu tiba, langsung kami cek dan susun sesuai kebutuhan masing-masing TPS,” ungkap Shalahuddin.

Sementara dari koordinasi yang dilakukan KPU Lebong ke PT. Temprina selaku penyedia surat suara, pencetakan akan dimulai 21 November. Jumlahnya 77.275 surat suara sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah cadangan 2,5 persen dari DPT. ”Diperkirakan waktu pencetakan hanya butuh waktu satu hari dan pengiriman jalur darat empat hari,” jelas Shalahuddin.

Lebih jauh dikatakannya, pengiriman surat suara akan dikawal ketat aparat keamanan dengan melibatkan personel Polri dan TNI. Terkait pengamanan distribusi surat suara, KPU Lebong telah melakukan komunikasi dengan Polres Lebong dan Kodim 0409 Rejang Lebong.(sca)

Berita Lainnya

Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Imbau dan Bagikan Masker

BENGKULU – Personel UKL II Polres Bengkulu Polda Bengkulu menggelar operasi yustisi tentang penerapan dan …

%d blogger menyukai ini: