Selasa , 24 November 2020
Home / Breaking News / Waspada La Nina, Potensi Bencana Hidrometeorologi

Waspada La Nina, Potensi Bencana Hidrometeorologi


CEK: Apel gelar personel dan peralatan kesiapan antisipasi bencana yang digelar Polres Mukomuko, kemarin. (Foto Peri/rb)

MUKOMUKO – Polres Mukomuko menggelar Apel Personel dan Peralatan Kesiapan Antisipasi Bencana di Kabupaten Mukomuko, Sealsa  (17/11). Dalam kesempatan itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mukomuko, Haidir S.IP didampingi Ketua DPRD Mukomuko M. Ali Saftaini dan Kapolres Mukomuko AKBP Andy Arisandi, SH, S.IK, MH, mengecek langsung kesiapan personel dan peralatan.

Baik itu peralatan yang dimiliki Pemkab Mukomuko, maupun yang dimiliki TNI, Polri, dan peralatan yang dimilik organisasi masyarakat. “Personel dan peralatan – peralatan inilah yang akan kita turunkan, jika terjadi bencana alam,” kata Haidir.

Ditegaskan Haidir, kegiatan tersebut digelar bukan karena adanya ancaman megathrust Sumatera. Namun lebih kepada memastikan kesiapan. “Ini tidak ada kaitannya sama sekali,” kata Haidir.

Namun semuanya harus selalu menyiapkan diri, karena tidak ada satupun manusia yang tahu kapan bencana alam itu tejradi. Dan jika terjadi bencana alam, pihaknya bersama personel yang terlibat lainnya akan melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mengatasi bencana.

“Meskipun kita sangat tidak menginginkan ada bencana alam di Kabupaten Mukomuko. Namun jika hal itu perlu diwaspadai. Sehingga ketika memang terjadi bencana alam, kita sudah siap. Baik itu bencana alam gempa, banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya,” kata Haidir.

Sementara itu, Kapolres Mukomuko AKBP. Andy Arisandi, SH, S.IK, MH mengingatkan, agar masyarakat bersiap hadapi La Nina yang berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Sebab dari informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimaktologi dan Geofisika (BMKG), di akhir tahun 2020 ini diperkirakan bakal terjadi La Nina atau peningkatan curah hujan yang tinggi. “Apabila bencana alam itu benar-benar datang, masyarakat harus siap untuk menghadapi,” sampai Kapolres.

Sedangkan untuk kesiapan personel dan juga peralatan untuk menghadapi ancaman bencana, Kapolres mengaku sudah siap siaga. Termasuk juga kesiapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah bencana alam.

“Seluruhnya sudah kita persiapkan dengan matang. Jika terjadi kemungkinan hal yang tidak kita inginkan. Kami sudah komitmen soal itu,” demikian Kapolres.(hue)

 

 

 

Berita Lainnya

Selisih Suara Pemenang Pilbup, Tak Akan Jauh

LEBONG UTARA – Pengamat politik dari Universitas Bengkulu (Unib), Drs. Mirza Yasben, M.Soc memastikan perolehan …

%d blogger menyukai ini: