Selasa , 24 November 2020
Home / Breaking News / 21 November, 1 TPS Nyoblos

21 November, 1 TPS Nyoblos

SOSIALISASI: Berbagai kegiatan dilakukan KPU Mukomuko dalam upaya meningatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 ini.

MUKOMUKO – Satu tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Kota Mukomuko bakal melaksanakan pencoblosan duluan, sebelum 9 Desember 2020. Pelaksanaannya direncanakan pada 21 November 2020 mendatang. Sebagaimana dibenarkan Ketua KPU Mukomuko, Irsyad.

Jangan berburuk sangka dulu. Pencoblosan yang digelar bukan sesungguhnya. Itu kegiatan simulasi pelaksanaan pencoblosan pada 9 Desember 2020.

“KPU Pusat menginstruksikan kepada KPU daerah untuk menggelar simulasi pencoblosan secara serentak pada 21 November mendatang,” kata Irsyad.

Tujuannya, untuk mengukur sekaligus mengevaluasi kesiapan pelaksanaan pencoblosan. Khususnya kesiapan dari petugas penyelenggara dan peralatan. Selain itu juga untuk mengevaluasi efesiensi waktu  pencoblosan, penghitungan suara dan sampai tahap akhir di tingkat TPS.

“Kita mendapat instruksi itu. Hanya simulasi bukan sungguhan pencoblosan. Jadi dari kegiatan ini tidak akan ada penentuan perolehan suara paslon manapun,” sampai Irsyad.

Dijelasnya, simulasi akan dibuat layaknya aktivitas pencoblosan sungguhan. Pemilih yang terdaftar pada TPS yang ditentukan nanti, semuanya akan terlibat. “Jadi bukan saja penyelenggara, warga yang mempunyai hak pilih juga kita libatkan. Jadi mereka mencoblos pada hari itu,” sebutnya.

KPU Mukomuko kini tengah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Sedangkan lokasi simulasi, disebut Irsyad belum diputuskan. Dirinya akan membahas hal tersebut dengan komisioner KPU Mukomuko lainnya.

“Petunjuk teknisnya TPS yang dijadikan simulasi adalah yang jumlah pemilihnya masuk katagorinya paling banyak. Jadi kemungkinan besarnya salah satu TPS di Kecamatan Kota Mukomuko,” pungkasnya.(hue)

Berita Lainnya

Hujan Seharian, Sungai Mulai Meluap

KOTA BINTUHAN – Hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Kaur sejak pagi hingga malam kemarin …

%d blogger menyukai ini: