Senin , 30 November 2020
Home / Breaking News / Dukcapil “Jemput Bola” Rekam Data Pemilih

Dukcapil “Jemput Bola” Rekam Data Pemilih

REKAM: Kegiatan rekam data KTP di Kecamatan Pagulir oleh Dukcapil.

KOTA BINTUHAN – Masih banyaknya pemilih yang terdaftar dalam DPT (daftar pemilih tetap)  untuk pilkada serentak tahun 2020 yang sampai saat ini belum melakukan rekam data KTP. Menjadi perhatian serius dari pihak KPU Kaur dan juga Dukcapil Kaur, apalagi Pilkada serentak tahun 2020 hanya tinggal menghitung hari.

Sementara sebelum tanggal 9 Desember 2020, sekitar 2.590 pemilih yang belum rekam data namun ada di DPT harus segera rekam data agar bisa ikut memilih nantinya. Dari pantauan RB kemarin, pihak Dukcapil Kaur turun ke desa-desa di Padang Guci Hilir bersama pihak PPK dan PPS untuk melayani perekaman data khusus untuk pemilih yang belum ada KTP. Hal ini harus segera dituntaskan bersama antara Dukcapil dan KPU Kaur agar tidak ada lagi DPT yang tidak bisa memilih karena tidak mempunyai KTP atau belum melakukan rekam data KTP.

“Untuk saat ini kita kembali turun, untuk saat ini kita turun bersama dengan PPK dan PPS di setiap kecamatan dan desa. Karena mereka lah yang mengetahui pemilih mana saja yang masuk DPT namun belum ada KTP. Sebelumnya kita sudah turun namun belum bisa merealisasikan 100 persen dengan turunnya PPK dan PPS kita harapkan semua pemilih bisa rekam data dalam waktu dekat,” kata Sekretaris Dukcapil Kaur Yanuar Afriko kepada RB.

Rekam data keliling kali ini diutamakan adalah pemilih yang masuk DPT, karena mengingat pemilu kurang dari satu bulan lagi.  Untuk itu Dukcapil berharap PPK dan PPS di setiap desa dan kecamatan dapat menjadwalkan dan mengumpulkan pemilih yang masuk DPT dalam satu tempat. Dengan tujuan agar lebih mudah melakukan rekam data secara serentak nantinya.

“Untuk mengejar target kita memang harus meminta bantu PPK dan PPS, karena ini harus tuntas kalau bisa sebelum pilkada. Dalam perekaman ini juga tentunya dalam pengawasan dari Bawaslu dan mengikuti protokol kesehatan covid-19,” pungkas Yanuar Afriko.

Dari data yang ada 2.590 pemilih yang belum rekam data KTP terdiri dari laki-laki sebanyak 1.465 pemilih dan perempuan 1.125 pemilih. Mereka tersebar di 15 kecamatan yaitu Kaur Selatan sebanyak 210 pemilih. Kaur Tengah 35 pemilih, Kaur Utara 66 pemilih, Kelam Tengah 179 pemilih, Kinal 160 pemilih dan Kecamatan Luas 86 pemilih. Kecamatan Lungkang Kule 109 pemilih, Maje 403 pemilih , Muara Sahung 264 pemilih. Kecamatan Nasal 381 pemilih, Padang Guci Hilir 127 pemilih, Padang Guci Hulu 120 pemilih. Semidang Gumay 94 pemilih, Tanjung Kemuning 222 pemilih dan Kecamatan Tetap 134 pemilih.(cik)

Berita Lainnya

Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Imbau dan Bagikan Masker

BENGKULU – Personel UKL II Polres Bengkulu Polda Bengkulu menggelar operasi yustisi tentang penerapan dan …

%d blogger menyukai ini: