Minggu , 29 November 2020
Home / Breaking News / Lahan BBI Ditanami Padi

Lahan BBI Ditanami Padi

PADI: Beberapa kolam ikan di BBI Dusun Baru ditanami padi untuk pengembangan sistem Nina padi.

CURUP SELATAN – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong (RL) terpaksa harus mengalih fungsikan sementara lahan yang berada di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Dusun Baru Kecamatan Curup Selatan. Dimana sejumlah kolam ikan dijadikan lahan sawah alias ditanami padi yang umurnya sudah lebih satu bulan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan RL Suherman menyampaikan, hal ini dilakukan agar lahan tidak mubazir dan padi memang sengaja ditanam petugas penjaga BBI. Kolam ikan tersebut rencananya untuk dimanfaatkan pengembangan nina padi. ‘’Jadi ini salah satu alternatif kita agar bisa termanfaatkan kolam ikannya. Karena kita terkendala dengan anggaran, makanya kita minta ditanami padi,’’ terang Suherman.

Dilanjutkan Suherman, dengan sistem nina padi itu nantinya kolam yang tidak termanfaatkan selain dapat ditanami padi juga tetap termanfaat untuk budidaya ikan. ‘’Artinya dengan nina padi sebenarnya tidak menghilangkan fungsi dasarnya meskipun untuk pemanfaatan pembesaran ikan di kolam yang ditanami padi tersebut,’’ sambung Suherman.

Ditambahkan Suherman, beberapa kolam yang belum termanfaatkan juga rencananya akan ditanami padi. Termasuk di beberapa BBI di wilayah Kecamatan lainnya. ‘’Salah satunya BBI Babakan Baru yang lebih luas namun belum termanfaatkan dengan maksimal. ‘’Untuk mengolahnya akan bekerjasama dengan masyarakat setempat. Pihak BBI memanfaatkan untuk penebaran ikannya, sehingga mulai dari pengolahan lahan, penyediaan benih padi hingga penanaman dilakukan oleh petani yang sudah bekerjasama. Hasilnya untuk padi didapatkan oleh masyarakat sedangkan BBI sendiri mendapat keuntungn dari pemanfaatan lahan dan hasil ikannya,’’ demikian Suherman.(dtk)

Berita Lainnya

Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Imbau dan Bagikan Masker

BENGKULU – Personel UKL II Polres Bengkulu Polda Bengkulu menggelar operasi yustisi tentang penerapan dan …

%d blogger menyukai ini: